Mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior UI Gelar Pameran ‘Architecture UI Fair (AFAIR) 2016’

Foto: salah karya yang dipameran Mahasiswa Departemen Arsitektur UI (ist)

MAHASISWA Arsitektur dan Arsitektur Interior Universitas Indonesia, hari ini, Rabu (27/1/2016) menggelar pameran di Galeri Nasional Indonesia (GNI) akan menjadi tuan rumah digelarnya Architecture UI Fair (AFAIR) 2016.

Foto: salah karya yang dipameran Mahasiswa Departemen Arsitektur UI (ist)
Foto: salah karya yang dipameran Mahasiswa Departemen Arsitektur UI (ist)

Acara tersebut akan berlangsung pada 27 Januari-4 Februari 2016 di Gedung C Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini menampilkan 177 karya terbaik mahasiswa S1, S2, serta Program Profesi Departemen Arsitektur – Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang dikurasi oleh Prof. Yandi Andri Yatmo. ST, M.Arch, Ph.D.

Bacaan Lainnya

Melaui AFAIR 2016, mahasiswa Departemen Arsitektur UI berupaya untuk menyampaikan peran penting ‘arsitek’ untuk mengharmonisasikan kebutuhan manusia dan sumber daya yang terbatas. Pameran ini juga digelar untuk mengajak seluruh masyarakat sehingga dapat memahami pentingnya menjalin kehidupan yang berkelanjutan (sustainable).

Sebagai kelanjutan dari pre-event yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kampus UI Depok pada September 2015 lalu, gelaran utama ini akan membawa tema besar “The World without US” yang menggarisbawahi pentingnya bersikap responsif terhadap konteks, baik sumber daya dan kebutuhan manusia, di samping hal lainnya.

Selain instalasi, maket, dan visualisasi lainnya (foto, teks, diagram, dll.), AFAIR akan menyajikan konten dalam bentuk desain pameran yang dikemas secara apik.

Selain pameran arsitektural, AFAIR juga akan diramaikan dengan serangkaian acara pada 30 Januari 2016 yang menghadirkan para praktisi arsitektur sebagai pembicara. Diantaranya kuliah terbuka oleh Irianto Purnomohadi, serta talkshow bersama Achmad Noerzaman, Muhammad Thamrin, dan Gigih Nalendra.

Juga akan diadakan puncak dari sayembara desain ‘i-Shelter’, berupa presentasi akhir dan penjurian oleh para akademisi yaitu Eko Prawoto, Budi Sukada, serta M. Nanda Widyarta pada 31 Januari 2016. Sayembara tersebut telah dimulai sejak September 2015 dan diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia dengan latar belakang bidang pendidikan yang beragam.

TENTANG  AFAIR 

Architecture Fair (AFAIR) Universitas Indonesia adalah sebuah kegiatan pameran tahunan yang menunjukkan berbagai karya studi perkuliahan mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior Universitas Indonesia. Karya-karya mahasiswa yang ditampilkan memiliki keunggulan dalam mencitrakan perancangan arsitektur yang memiliki keharmonisan antara konsep, aspek kebutuhan manusia dan lingkungannya.

Berbagai karya arsitektur yang dikemas dengan visualisasi menarik ini akan memberikan gambaran dan pengetahuan tentang arsitektur kepada masyarakat luas. Dalam rangka melakukan selebrasi terhadap kreatifitas di bidang arsitektur, AFAIR Universitas Indonesia telah mengadakan kompetisi desain yang bertemakan “The World Without Us”.

Kegiatan AFAIR Universitas Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya telah dilaksanakan di berbagai tempat seperti Grand Indonesia Shopping Mall, Cilandak Town Square, FX Sudirman, dan Kemang. Berbagai pembicara dan juri yang pernah diundang meliputi nama-nama besar seperti Jay Subiakto, Andra Matin, Dik Doank, Achmad Noerzaman, Budi Pradono, dan berbagai tokoh lainnya. Tahun ini, AFAIR Universitas Indonesia didukung oleh Galeri Nasional Indonesia, Kementerian Riset & Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *