Ingin Giring Turis Mancanegara, Kemenpar Gelar Rakornas Selama Dua Hari

oleh -390 views
Foto ilustrasi wisatawan asing (ist)

MENTERI Pariwisata Arief Yahya menggelar Rapat Kordinasi Nasional Kementerian Pariwisata di Jakarta. Tujuannya, agar turis mancanegara berjubel ke Indonesia.

Foto ilustrasi wisatawan asing (ist)
Foto ilustrasi wisatawan asing (ist)

Acara ini berlangsung di Grandballroom Hotel Indonesia, Jakarta Pusat yang berlangsung selama dua hari yaitu 26 dan 27 Januari. Dalam Rakornas ini Kementrian Pariwisata membahas recana promosi kementrian dalam membangun pariwisata Indonesia.

Di 2016 ini Kementrian Pariwisata berencana mencapai target wisatawan sebanyak 12 juta untuk wisatawan asing dan 260 juta wisatawan nusatara.

Dalam rapat koordinasi Nasional, Menteri Pariwisata Arief yahya menyatakan percepatan akselerasi sektor pariwisata harus dilakukan mengingat target lima tahun kedepan (2019).

“Besarnya dua kali lipat atau 20 puluh juta wisatawan mancanegara dibandingkan tahun 2015 sebanyak 10 juta wisma,” ujarnya, Selasa (26/1/2016).

Dengan meningkatnya pertumbuhan pariwisata ini diharapkan meningkatakan kontribusi pada PDB sebesar 8 persen atau Rp240 Triliun dari kunjungan wisatawan asing dan Rp172 triliyun dari kunjungan wisatawan domestik.

“Sampai saat ini pertumbuhan pariwisata direncanakan mencapai 20 persen atau naik empat kali lipat dari pertumbuhan perekonomian nasional sehingga dapat bekontribusi besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia,” katanya. (gr)