Kemenparekraf Apresiasi Pelaksanaan Fittual Fest Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM Lokal

oleh -55 views
Pelaksanaan Fittual Fest Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM Lokal

JAKARTA – Kementerian Pariwisata Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi pelaksanaan acara Fittual Fest yang dilaksanakan beberapa waktu lalu sebagai sarana pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pakaian olahraga.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, dalam keterangannya, Senin (31/8/2020) mengatakan acara yang dilaksanakan bersama salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Shopee tersebut menjadi ajang promosi berbagai merk pelaku UMKM pakaian olahraga lokal untuk membuktikan eksistensinya dan bersaing dengan produk-produk pakaian olahraga buatan luar negeri.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan Fittual Fest. Acara ini diharapkan dapat membantu menggerakan roda perekonomian bagi pelaku UMKM dengan cara memfasilitasi promosi barang buatan Indonesia melalui Shopee Fittual Fest Shopping Festival,” kata Rizki.

Fittual Fest merupakan kegiatan festival olahraga, kebugaran dan gaya hidup pertama di dunia yang diselenggarakan secara paralel, simultan dan terintegrasi satu sama lain dengan menggunakan beberapa platform virtual sekaligus (sosial media, website dan live streaming).

Acara ini dilaksanakan sejak 10 Mei secara daring. Puncak acara sendiri berlangsung pada 20 hingga 23 Agustus di FX Sudirman dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selain dipasarkan secara daring, para pelaku UMKM lokal tersebut juga memasarkan produknya secara luring dalam puncak acara Fittual Fest di FX Sudirman. Rangkaian acara ini juga diisi dengan demo memasak, ratusan kelas olahraga virtual seperti zumba, pound, Aerobik, dan, Yoga, kelas tata cara make-up sehari-hari, dan lomba virtual run.

Adapun produk-produk pelaku UMKM lokal tersebut diperkenalkan dan dipasarkan melalui program Product Review yang disiarkan secara daring. Selain itu, Shopee juga memberikan voucher belanja sebesar Rp 1 juta bagi setiap pelaku UMKM yang ikut serta dalam acara ini.

Rizki berharap acara seperti ini dapat membentuk ekosistem pasar digital bagi produk-produk karya pelaku UMKM Tanah Air. Terutama di sektor gaya hidup, kesehatan, dan olahraga.

“Selain membentuk ekosistem digital, lewat acara ini kita juga mempromosikan program #BeliKreatifLokal dan #BanggaBuatanIndonesia. Sehingga, acara ini menjadi momentum bagi produsen lokal untuk memperkenalkan dan menjual produknya di pasar digital yang tidak mengenal batas nasional maupun internasional,” tutup Rizki. (red)