Hari Terakhir, Warga Tumplek di ‘Festival Lebaran Betawi’

  • Whatsapp
Foto: Poster Festival Lebaran Betawai 2019. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Ribuan warga tumplek pada puncak acara ‘Festival Lebaran Betawi’ ke-12 yang diigelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Sejak pagi warga sudah rame-rame ke Monas. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan juga hadir di lokasi acara sejak pukul 09.00 WIB.

Muat Lebih

Kedatangan Anies disambut dengan tradisi palang pintu oleh sekumpulan jawara yang berasal dari Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Setelah rombongan Anies berhasil melewati palang pintu, eks mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu langsung menaiki panggung utama berbentuk rumah adat Betawi yang berada persis di depan Tugu Monas.

Pada replika rumah adat, tgerlihat hadir politikus PAN sekaligus Ketua Bamus Betawi, Abraham Lunggana (Haji Lulung), politikus PKS Hidayat Nur Wahid, dan Sekda DKI Saefullah.

Usai seluruh tokoh duduk, ada seorang jawara menghampiri Anies untuk meminta izin menyalakan petasan berjenis teko di lokasi.

Anies pun mempersilakan kepada yang bersangkutan untuk beraksi di tengah-tengah penonton yang sudah memadati Lapangan Monas.

Sejurus kemudian, pengunjung disuguhi beragam kesenian budaya asal Ibu Kota, seperti pawai sorendo-rendo yang ditampilkan dari masing-masing wilayah.

Terik matahari tak membuat masyarakat beranjak, sebaliknya warga pun kian memadati kawasan Monas. Mereka tampak antusias menyaksikan pertunjukan tradisional tersebut. Mulai dari orang tua hingga anak-anak ikut meramaikan kegiatan itu.

Masyarakat juga bisa menikmati berbagai makanan khas Betawi, seperti kerak telor, kue rangi, gado-gado, es selendang mayang, hingga bir pletok. Semuanya tersedia di stan kuliner yang didirikan di lokasi acara. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *