180 Seniman Mancanegara Ikut Parade ‘Ponorogo Festival Mask and Folklore’

oleh -1.112 views
Foto: Peserta Mancanegara Dalam Ponorogo Festival Mask and Folklore' 2019. (ist)

PONOROGO – Sedikitnya 180 seniman delegasi mancanegara dan berbagai daerah Indonesia ikut ambil bagian dalam parade ‘Ponorogo Festival Mask and Folklore’ yang digelar Sabtu (27/07/2019).

Ada 7 negara delegasi yang ikut bergabung dalam festival topeng Internasional yakni Rusia, Slovakia, Uzbekistan, Korea Selatan, Timor Leste, Ekuador, dan Meksiko.

“Mereka akan menampilkan kesenian masing-masing di sini, jadi kami harap bisa menjadi pengenalan masing-masing budaya,” tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada detikcom di Pendopo, Jalan Alun-Alun Utara, Sabtu (27/7/2019).

BACA JUGA BOS:   Mendikbud Sebut Pelaksanaan Asesmen Nasional Diundur Jadi September 2021

Perhelatan akbar ini merupakan bagian dari rangkaian pembukaan Ponorogo Internasional Mask and Folklore Festival (PimfoFest) atau festival topeng dan kesenian rakyat yang akan digelar dari 27 sampai dengan 30 Juli 2019.

BACA JUGA BOS:   KRI Banda Aceh 593 Angkut Bantuan ke Kalsel dan Sulbar

Seniman Ponorogo yang sebagai tuan rumah, menampilkan reog secara utuh. Pembarong, penari jathilan, bujang ganong, pemain alat musik, dan pemain pendukung kesenian ini memimpin pawai. Kemudian disusul pemain dongkrek dari Kabupaten Madiun dan topeng dari daerah lain seperti Malang dan Pamekasan.

Melalui even yang digelar hingga Selasa, 30 Juli 2019 itu diharapkan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata. Tidak hanya pelancong domestik namun juga mancanegara. Apalagi di Ponorogo terdapat sejumlah destinasi wisata alam maupun sejarah atau religi.

BACA JUGA BOS:   Kolaborasi Kedaireka dengan Bumdes dan Desa

Lokasi wisata alam seperti Telaga Ngebel, Gunung Beruk, dan Mloko sewu. Sedangkan wisata sejarah seperti Makam Bathoro Katog dan Masjid Agung Tegalsari. (**/gr)