Grebeg Sudiro 2017 Kembali Digelar

  • Whatsapp
Foto ilustrasi: Grebeg Sudiro salah satu kegiatannya. (ist)

Grebeg Sudiro merupakan gambaran masyarakat pluralis serta kerukunan umat beragama dan etnis di Kota Solo khususnya di daerah Sudiroprajan

SOLO – Grebeng Sudiro 2017 merupakan salah satu kalender kegiatan budaya yang telah menjadi agenda rutin tahunan bagi masyarakat Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo. Di tahun ini, Grebeg Sudiro 2017 mengambil tema ‘Pesona Budaya Dalam Warna Kebhinnekaan’.

Muat Lebih

Kegiatan yang ditampilkan untuk menembuhkembangkan semangat nasionalisme masyarakat Sudiroprajan dan masyarakat Kota Solo pada umumnya.

“Tahun ini, kita ingin memperkuat warna budayanya, kita memperkuat unsur bhinnekanya,” kata Ketua 2 Grebeg Sudiro 2017, Angga Indrawan, Rabu (18/1/2017)

Kegiatan Grebeg Sudiro merupakan gambaran masyarakat pluralis serta kerukunan umat beragama dan etnis di Kota Solo khususnya di daerah Sudiroprajan.

Model-model pembauran yang cukup efektif antara etnis Jawa dan Tionghoa melalui kesenian, olahraga, pelayanan
Sudiro sebetulnya di ambil dari salah satu kampung di wilayah kota Solo yakni Sudiroprajan, Kampung yang penduduknya beretnis Tionghoa dan Jawa ini bersatu bahu membahu dalam kehidupan sehari-hari, Dalam acara Grebeg Sudiro ini kedua etnis menggelar acara yang dimeriahkan dengan suasana Imlek.

Pada acara Grebeg Sudiro 2017 ini bakal lebih meriah dibanding dengan acara yang sama pada tahun 2016, Sebelumnya Lampion yang terpasang di sepanjang jalan depan Balaikota hingga Pasar gede pada tahun 2016 lalu berjumlah 3000 lampion, Namin kali ini Pemkot solo menambah jumlah lampion tersebut menjadi 5000 lampion yang akan terpasang dari bunderan Gladak hingga perempatan Warung pelem.

Berbagai pertunjukan turut memeriahkan acara Grebeg Sudiro 2017 ini seperti Kuliner, Gunungan, Gunungan Buah dan Sayur, Kue keranjang, Barongsai dan reog Ponorogo, Wisata kuliner pada tahun ini akan bertempat di lantai dua Pasar Gede solo, Acara yang digelar indor ini karena untuk menghindari curah hujan yang tidak dapat di duga.

Berikut Jadwal acara Grebeg Sudiro 2017

19 Januari 2017 – Umbul Mantram.
27 Januari 2017 – Pesta Kembang Api.
17-27 Januari 2017 – Wisata Prahu Hias di Kali Pepe. (***/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *