Festival Lebaran Betawi ke-12 Meriah!

  • Whatsapp
Foto: Pembukaan Festival Lebaran Betawi ke-12 di Monas. (ist)

JAKARTA – Festival Lebaran Betawi ke-12 diselenggarakan di Silang Monas, Sabtu (20/7/2019) meriah. Meski Festival ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta Saefullah namun tetap semarak.

Betapa tidak, sejak pukul 09.00 WIB area silang Monas tampak dipenuhi dengan beberapa stan yang memamerkan budaya Betawi. Mulai dari ornamen rumah adat Betawi, pertunjukan adat, hingga makanan dan jajanan khas Betawi.

Muat Lebih

Pameran dibagi menjadi lima blok. Setiap pemerintahan kota (Pemkot) masing-masing mendirikan stan dengan ornamen yang berbeda. Antar blok juga memiliki panggung yang diisi oleh acaranya masing-masing.

“Hari ini kita refresh mengenai budaya Betawi, termasuk makanan Betawi, bagi orang dewasa kegiatan ini seperti biasa saja. Tapi bagi anak kecil ini sangat luar biasa, saya yakin akan mempengaruhi karakter dia nanti pada saat dia sudah dewasa pasti akan timbul rasa sayang terhadap Betawi,” ujarnya.

Sambut Lebaran Betawi, PT Transjakarta menggratiskan tiket naik bus transjakarta bagi masyarakat. Guna memudahkan pengunjung menuju lokasi acara.

“Pada 20-21 Juli 2019, panitia Lebaran Betawi dan PT Transjakarta menyediakan 5.000 tiket gratis bagi pengguna bus Transjakarta menuju lokasi Lebaran Betawi di Monas,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Lebaran Betawi ke-12 ini berlangsung sejak Jumat, 19 Juli 2019 hingga Minggu, 21 Juli 2019 di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Acara tersebut mengambil tema ‘Dengan Budaye, Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia’.

Pertunjukan lenong akan ikut memeriahkan acara Lebaran Betawi yang digelar Pemprov DKI Jakarta di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Rencananya acara lenong dimulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB malam ini.

“Selama 90 menit, ada pertunjukan lenong dari Disparbud DKI. Itu ada di panggung utama,” kata Eki, selaku panitia penyelenggara Lebaran Betawi, Sabtu (20/7/2019).

Usai pertunjukkan lenong, kata Eki, malam nanti ada pula pemutaran film di layar tancap yang dimulai pukul 21.30 WIB yang diselenggarakan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Sementara untuk hari Minggu, nantinya dilaksanakan acara sorendo-rendo, karnaval budaya nusantara antarkotamadya. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *