‘Festival Lebaran Betawi’ Digelar Malam Ini

  • Whatsapp
Foto: Festival Lebaran Betawi. (ist)

JAKARTA – Kegiatan tahunan ‘Festival Lebaran Betawi’ ke-12 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan dimulai pada, Jumat (19/7/2019) hingga Minggu 21 Juli 2019 mendatang. Acara itu dihelat di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.

Ketua Panitia Lebaran Betawi ke-12, M. Rifqi mengatakan, tema yang diusung dalam Lebaran Betawi ke- 12 ialah ‘Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia’. Ia berharap dengan adanya kegiatan itu seluruh warga Ibu Kota bisa kembali bersatu.

Muat Lebih

“Lebaran Betawi merupakan spirit ajang silaturahmi dari pemerintah dengan warganya, dengan Masyarakat Betawi atau Bamus Betawi sebagai perekatnya,” kata Rifqi.

Lebaran Betawi ke-12 akan dimeriahkan beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi. Hari pertama akan diisi dengan Pembacaan Doa hingga Shohibul Hikayat yang dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB. Kemudian hari kedua akan dimulai pukul 08.00 WIB yang dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, pembukaan Lebaran Betawi akan dimulai pukul 19.00 WIB. Agenda tersebut akan dimeriahkan pertunjukan lenong Betawi, palang pintu, rebana biang, layar tancep, sorendo-rendo, tanjidor hingga ondel-ondel.

“Ayo kita pada datang ke Lebaran Betawi di Monas. Ada banyak kebudayaan Betawi yang kita suguhkan di sana,” ujar Saefullah pada Jumat (19/7/2019).

Saefullah menjelaskan, Lebaran Betawi kali ini mengangkat tema ‘Dengan Budaye, Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia’. Melalui acara tersebut, kebudayaan asli DKI Jakarta diharapkan dapat terus dilestarikan seiring perkembangan zaman.

“Harapannya budaya Betawi semakin eksis. Walau zaman semakin maju, kita harus bangga dengan kebudayaan kita sendiri,” ucapnya. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *