Sumenep Akan Gelar ‘Festival Batik On The Sea’ 2019

  • Whatsapp
Foto: Festival Batik On The Sea Sumenep tahun 2018. (ist)

SUMENEP – ‘Festival Batik On The Sea’ 2019 akan digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu, (27/7/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian event visit Sumenep 2019 yang dipusatkan di pantai Slopeng.

Acara tahunan ini diprediksi akan meriah dan bisa mencuri ribuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Muat Lebih

Hak itu lantara banyaknya rangkaian kegiatan yang bakal digelar. Salah satunya parade layang-layang unik berupa layang-layang dua dimensi dan layang-layang tiga dimensi (3D) yang terbuat dari batik.

Ketua Pelaksana Kegiatan ‘Batik On The Sea 2019′, Sigit Tri Atmoko mengatakan, tujuan dilaksanakannya parade layangan batik madura tahun 2019 untuk memperkenalkan keindahan pariwisata pantai yang digabungkan dengan keluhuran budaya batik serta seni layang layang sebagai sebuah permainan tradisional.

“Selama ini layangan dikenal sebagai mainan yang syarat dengan kebudayaan, bahkan layang-layang sendiri bisa di asimilasikan dengan budaya yang ada di daerah,” katanya, Jumat (19/7/2019).

Parade layang layang sendiri, merupakan sebuah kegiatan yang menampilkan layang layang dengan berbagai corak dan ragamnya baik 2 dimensi maupun 3 dimensi sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau ritual tertentu disebuah daerah.

“Parade layang layang batik merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang layang dan tradisi batik, ini yang nantinya bakal menyedot daya tarik wisatawan berkunjung ke Sumenep,” katanya.

Diharapkan, parade ini juga menjadi media untuk membangun daya tarik pariwisata pantai dan untuk mengenalkan batik dari berbagai pengrajin yang berada di Madura.

“Kegiatan ini menjadi upaya pemerintah memelihara budaya batik dan memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu di era milenial ini,” ucapnya. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *