Festival Anggrek Tricolor Digelar di Sleman

  • Whatsapp
Foto: Anggrek Vanda Tricolor. (ist)

Festival Anggrek Tricolor untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan tanaman anggrek Vanda Tricolor

SLEMAN – Kabupaten Sleman merupakan kawasan wilayah dilereng Gunung Merapi yang memiliki potensi dan kecocokan lahan untuk budidaya anggrek. Namun pada saat ini anggrek Tricolor khususnya Tricolor Merapi dinilai semakin langka. Untuk mengantisipasi keprihatinan tersebut Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY dan Fakultas Biologi UGM didukung Pemkab Sleman menyelenggarakan Festival Vanda Tricolor Var Suavis.

Muat Lebih

Demikian dinyatakan oleh Ketua Panitia Festival Vanda Tricolor, Ir. Kadarso, MS saat koordinasi persiapan acara tersebut, Senin 3 Oktober 2016 di Taman Anggrek Tiri Orchids Jl. Boyong Harjobinangun Pakem Sleman.

Kadarso menambahkan bahwa Festival Anggrek Tricolor tersebut selain dimaksudkan untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan tanaman anggrek Vanda Tricolor juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap tanaman anggrek secara umum. Festival akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2016 di Taman Anggrek Tiri Orchids. Peserta terbuka untuk umum dari berbagai daerah.

Selain itu panitia juga menggelar pameran dan bursa anggrek, demo merangkai anggrek Vanda Tricolor, dan pelatihan budidaya anggrek. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang akan memperoleh sertifikat dan bantuan stimulan pemeliharaan.

Bagi calon peserta festival ini diharapkan untuk mengirimkan tanaman anggrek yang difestivalkan paling lambat pada tanggal 13 Oktober 2016 di Taman Anggrek Tiri Orchids Sleman Yogyakarta. Kontak panitia: 0852 9230 0379, 0821 3453 6491.

Dalam kesempatan itu pula, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, MA mengatakan bahwa Festival Anggrek Tricolor ini merupakan event yang strategis yang diharapkan dapat mendukung kepariwisataan daerah.

Oleh karenanya diharapkan event ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga menjadi event pariwisata yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh masyarakat umum dari berbagai daerah. Diharapkan para peserta selain nantinya mengikuti event festival anggrek ini juga sekaligus dapat mengekplore destinasi lain dikawasan lereng Merapi dan destinasi lain di Yogyakarta secara umum. (rl/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *