DPR: Pemerintah Mesti Lakukan Identifikasi Persoalan di Sektor Pariwisata

  • Whatsapp
Foto ilustrasi: Pariwisata Sumatra Barat (ist)

Minimnya inovasi pengembangan konsep kesejahteraan rakyat melalui pariwisata menjadi penyebab tidak berkembangnya perekonomian di sektor pariwisata

JAKARTA – Dalam membangun sektor pariwisata dewasa ini masih terbilang sulit. Untuk itu, diperlukan terobosan dalam rangka meningkatkan perekonomian di sektor pariwisata di berbagai daerah. Peran pemerintah daerah di masing-masing daerah harus memiliki konsep inovasi dalam mengembangkan dunia parisiwata.

Muat Lebih

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Fikri Faqih melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Pemerintah mesti melakukan identifikasi atas persoalan di sektor pariwisata. Caranya, mengoptimalisasi destinasi wisata. Dengan begitu, bakal berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Faqih, minimnya inovasi pengembangan konsep kesejahteraan rakyat melalui pariwisata menjadi penyebab tidak berkembangnya perekonomian di sektor pariwisata.

“Ada daerah yang memiliki potensi wisata luar biasa, tapi pemimpinnya masih belum memiliki konsep inovasi yang jelas,” ujarnya.

Indonesia memiliki sumber daya alam yan melimpah. Bahkan kebudayaan yang dimiliki terbilang kaya. Ia menilai tak akan berguna menjadi destinasi wisata menarik sepanjang pemimpin daerah tidak memiliki konsep di sektor pariwisata. Begitu pula terobosan.

“Penguasaan dan kematangan konsep merupakan sebuah keharusan bagi pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan,” katanya. (rl/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *