Cerita Mistis Pulau Kumala Yang berbentuk Kapal Perang

Foto ilustrasi: Pulau Kumala (ist)

PULAU ini terkenal dengan wisatanya yang indah dan fasilitas yang lengkap dibalik keindahannya ada tersirat cerita-cerita mistis di pulau ini, pulau ini terletak Daerah Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Karnegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Foto ilustrasi: Pulau Kumala (ist)
Foto ilustrasi: Pulau Kumala (ist)

Ada sebuah cerita dari beberapa cerita orang-orang sekitar, bahwa banyak menyimpan cerita mistis atau mitos bahwa katanya bentuk pulau kumala ini dibuat mengikuti bentuk sebelumnya dan jika dilihat dari atas pulau ini berbentuk seperti Kapal Perang.

Bacaan Lainnya

Diceritakan dari mulut kemulut yang bersumber dari masyarakat sekitar tenggarong, sebut aja pa amir perkerjaan pa amir adalah berkebun di pulau kumala, suatu hari ketika dikebun tiba-tiba pa amir melihat sebuah goa, sebelumnya Pak Amir tidak melihat goa di pulau ini. dengan perasaan heran dan penasaran bercampur takut, Pak Amir pun masuk ke goa tersebut, terus berjalan melewati lorong-lorong goa sesampai di dalam goa, entah kenapa seakan-akan berada di dalam sebuah kabin kapal di dalamnya ada ruangan mesin dan kamar-kamar.

Dia terus berjalan dan melihat keremangan cahaya Pak Amir terus melangkah hingga sampai di titik cahaya di sebuah kamar, beberapa saat kemudian dia terkejut mendengar suara-suara orang berbicara di salah satu sudut kamar, bahasanya terdengan asing. Kemudian Pak Amir memberanikan diri mengetuk pintu kamar, tetapi tidak ada jawaban dia pun mencoba membukanya, dan Pak amir terdiam melihatnya sosok yang ada di dalamnya , tampak tiga sampai empat orang Pria berwajah bule megenakan pakaian mirip seragam sedang berbincang di kamar itu.

Mereka lalu menatap Pak amir dengan tatapan hampa, tiba-tiba salah seorang diantara pria itu menyapa Pak Amir, “ mari sini silahkan masuk” kata pria asing itu dengan suara tegas sambil melambaikan tangannya , serontak Pak Amir sambil ketakutan pa amir menghampiri dan duduk diantara meraka, selanjutnya tiga atau empat orang bule itu berbicara dengan bahasa yang tidak mengerti oleh Pak Amir. Semantara Pak Amir haya diam saja sambil memperhatikan orang-orang tersebut dalam penglihatan Pak Amir wajah dan postur orang-orang tersebut mirip orang asing mukin Eropa. Tetapi mengapa meraka ada disini ? Pikir Pak Amir.

Anehnya lagi mereka seolah tidak peduli dengan Pak Amir dan membiarkan saja dirinya diam terpaku entah berapa lama Amir berada diantara mereka, tiba-tiba saja matanya terasa berat dia pun tertidur, Pak Amir buru terbangun kerena ada temannya membangunkan.

Ternyata Pak Amir terbaring di dekat kebunnya tapi tempatnya itu tidak curiga sedikitpun. Pak Amir menceritakan kepada temannya soal pengalaman mistisnya merasa yakin berada di dalam sebuah kapal asing. Bahkan dia bisa menceritakan secara detil isi kapal tersebut, mungkin kapal itu pernah tenggelam bererapa ratus tahun lalu, begitu lamanya kapal tenggelam, hingga tertutup tanah yang berasal dari hulu Sungai Mahakam, ratusan tahu kemudian kerena berada dekat muara kapal karam itu tertutup tanah yang kemudian mementuk menjadi Pulau Kumala.

Kisah tersebut tentu saja sulit dibuktikan kebenarannya namu jika dikaitkan dengan beberapa fakta sejarah yang pernah terjadi di masa kerajaan kemungkinan saja cerita tersebut bukan lah cerita fiktif. Inilah cerita-cerita di Pulau Kumala yang menyimpan banya cerita mistis. (biro kaltim/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *