Teluk Cempi Serpihan Pesona Indonesia Yang Tersembunyi

oleh -165 views
Teluk Cempi

Indonesia merupakan negara eksotik, bukan hanya isapan jempol belaka, tetapi memang begitu kenyataannya. Di negeri ini menyimpan banyak pesona, mulai dari darat sampai lautnya bisa membuat setiap mata memandang akan merasa takjub.

Mulai banyak tempat di negeri ini di ekspos ke publik. Banyak yang tertarik, lalu datang dan menikmatinya. Bahkan ada yang memilikinya, tanpa boleh siapapun yang menyentuhnya.

Negeri ini laksana surga, tak henti dikagumi oleh siapapun yang memandangnya. Mulai dari awal Abad ke-16 silam sampai hari ini masih tetap anggun dan menawan. Ia tetap terlihat cantik, kemolekkannya membuat siapa saja yang memandangnya akan merasa bernafsu untuk memilikinya.

Pesonanya tak pernah mati dimakan waktu, bahkan semakin majunya zaman semakin banyak yang terkuak ke permukaan bahwa negeri ini menyimpan banyak mutiara.

Di Pulau Sumbawa, Kabupaten Dompu, NTB tepatnya di teluk Cempi, menyimpan banyak pesona alam.

Di sepanjang pesisir Teluk Cempi dari selatan hingga ke utara, mulai dari kampung nelayan seperti Desa Jala, Desa Hu’u, Goa Jepang, hingga ombaknya menjadi surga bagi pencinta surfing.

Teluk Cempi bukan hanya ibu bagi para nelayan yang setiap waktu menyambanginya untuk diambil isinya tanpa pernah pamrih.

Alamnya bisa membuat siapa saja yang menjamahnya akan terpesona dan terkagum-kagum.

Kemudian Pantai Lakey, merupakan salah satu spot yang cukup terkenal hingga ke mancanegara. Selain karena pasirnya yang putih, juga memiliki ombak kidal yang menawan bagi penggila surfing.

Banyak turis mancanegara yang menyambangi pantai ini, dan mereka tidak segan berlama-lama untuk menikmati indahnya pantai yang berjarak 20 kilo meter dari kabupaten Dompu ini.

Pantai Lakey merupakan icon wisata bagi Kabupaten Dompu. Tidak terhitung sudah berapa kali dilaksanakan lomba surfing di pantai ini.

Bahkan baru-baru ini, pantai Lakey melahirkan seorang surfing dunia yang membawa harum nama Indonesia di kanca Asia Tenggara di Asia Games Filipina. Pantai Lakey nggak ada matinya. Tidak percaya? Anda bisa datang kapanpun Anda mau.

Di bagian selatan Teluk Cempi, ada spot air panas yang merupakan wisata baru bagi masyarakat lokal dan domestik. Setelah dibuka jalan menuju lokasi tujuan, walaupun belum benar-benar bagus, namun berada di lokasi air panas akan memberikan sensasinya sendiri bagi para pengunjung.

Berada di tempat tersebut, pengunjung bisa dengan mudah menyaksikan air panas yang muncul di pasir ketika air laut surut.

Pengunjung bisa menghangatkan badan di pagi hari ketika pengunjung memutuskan untuk menginap dengan membangun tenda di dekat pantai.

Di dekat pantai ada tower, dimana pengunjung bisa berpijak di atas tower dan bisa menyaksikan semesta dengan bebas. Mata akan menyapu semesta, Samudra Hindia yang tak bertepi terlihat jelas di selatan Pulau Sumbawa.

Teluk Cempi merupakan kepingan ibu pertiwi yang menghadirkan kekaguman bagi para pengunjung yang pernah menjamahnya. Mulai dari hilir mudik perahu di kampung nelayan, hingga gulungan ombak yang berkejaran dengan para selancar dengan buliran air laut kala menghantam karang.

Lembayung senja kala menikmati semesta di sore hari, sembari menatap rambut pirang yang bersolek di atas pantai, menambah pesona kemolekan Teluk Cempi nan indah.(***)

*Penulis adalah pemerhati budaya NTB dan pariwisata