Teater Imago Medan Kembali ‘Berbuat’

  • Whatsapp
Foto: Teater Imago Medan akan kembali 'Berbuat'. (ist)

MEDAN – Teater Imago Medan kembali ‘berbuat’ setelah sebelumnya pada tahun 2018 mentas dengan mengangkat naskah ‘Rapel Pensiun’ karya Andy MS dengan sutradara Ayub Badrin.

Tahun 2019 ini tengah bersiap mementaskan ‘Kereta Kencana’ karya Eugene Ionesco terjemahan WS Rendra, dengan sutradara yang sama.

Muat Lebih

Keinginan pementasan itu terungkap usai teater Imago Medan menggelar acara Halal bi Halal 1440 H Ruangan Pameran Utama, Taman Budaya Sumatera Utara, Jumat (28/6/2019) lalu.

Selain mengikat erat tali silaturahim, baik antara sesama anggotanya maupun dengan para simpatisannya, juga merancang berbagai kegiatan tahun 2019 ini.

“Diantaranya, melakukan latihan bagi calon aktor dan aktris bagi kaum muda. Selain menggelar acara ‘Pekan D. Rifai Harahap’ dengan menampilkan Festival Film dan pemutaran kembali Film D. Rifai Harahap,” kata Ketua Teater Imago Medan, Ayub Badrin, Rabu (3/7/2019).

Teater Imago Medan berdiri di Medan sejak 1972 oleh Darwis Rifai Harahap atau D. Rifai harahap dengan nama lainnya Derifhara bersama dua rekannya, Hartono dan Alex.

Kelompok teater yang awal berdirinya dimaksudkan sebagai wadah penggemblengan calon pemeran, yang nantinya akan mengusung produksi Teater Nasional (TENA) Medan ini, dikemudiannya memproduksi sendiri pementasan-pementasan naskah pentas, yang mayoritas karya dari Derifhara (1944-2016).

“Jadi cukup pas jika dibikin ‘Pekan D. Rifai Harahap’, judul masih tentatif, namun tujuannya untuk mengenang guru kami, D. Rifai Harahap yang banyak kiparhnya dalam dunia teater di kota Medan ini,” ucap Ayub Badrin meyakinkan.

Dalam cara Halal bi Halal itu dihadiri oleh ustadz Mahyuddin Lubis (Malubi). Juga Aktor dan aktris yang sempat berkibar bersama Teater Imago Medan, diantaranya; Buyung Bizard, Ayu Wahyuni, Rosnani Lubis, Ryana Savitri, Chadijah Janna, Baharuddin Saputra, Iskandar Zulkarnaen, Junaedy Saal, Bambang Sumantri, Evi Khairani, Ira Yulia, Ruslina Rahidi, Ina Nasution, Khadijah Lubis. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *