Tari Melinting Lampung Harus Dilestarikan!

oleh -3,286 views
Foto ilustrasi: Tari Melinting. (ist)

TARI Melinting dari Lampung harus dilestarikan. Sebab, Tari Melinting adalah tarian tradisional dari peninggalan Ratu Melinting yang berada di Labuhan Meringgai Lampung Timur Indonesia. Tari Melinting sudah mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama, yaitu sejak masuknnya Islam ke Indonesia.

Foto ilustrasi: Tari Melinting. (ist)
Foto ilustrasi: Tari Melinting. (ist)

Tari Melinting merupakan salah satu kesenian tari yang menggambarkan Keperkasaan dan Keagungan Keratuan Melinting. Tari Melinting merupakan Tarian Adat Tradisional Keagungan Keratuan Melinting yang diciptakan oleh Ratu Melinting.

Untuk itu, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengingatkan pentingnya untuk terus melestarikan budaya dan mempelajari budaya daerah salah satunya Tari Melinting.

Chusnunia mengatakan, bahwa dalam pembukaan Pergelaran Lomba Tari Kreasi Melinting tingkat SMP/MTs Festival Melinting VI Tahun 2016, di Lampung Timur, Minggu (17/4/2016), agar dapat melestarikan seni dan budaya daerah itu, berbagai upaya harus dilaksanakan oleh pemerintah dan para pihak lainnya.

Lomba tersebut digelar dalam rangka menggali, melestarikan, mengembangkan seni budaya, dan meningkatkan kunjungan wisata di Lampung Timur.

Lomba ini digelar di pelataran Taman Wisata Purbakala Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur.

Bupati Chusnunia menyatakan untuk melestarikan sebuah budaya tidak cukup dengan memberikan hak paten saja, tetapi juga perlu dilakukan upaya dan kegiatan yang nyata seperti pergelaran Tari Melinting tersebut.

“Tari kreasi Melinting bukan milik warga Melinting saja, tetapi juga milik seluruh masyarakat Lampung,” katanya.

Chusnunia juga menegaskan bahwa keberagaman masyarakat yang berlatar belakang kultur dan budaya yang berbeda akan sangat baik jika satu sama lain saling menghargai dan mengenali adat maupun budaya masing-masing.

“Apalagi sebagai warga yang lahir dan dibesarkan di Lampung Timur, adalah wajar dapat saling mempelajari budaya daerahnya,” ujarnya.

Chusnunia pun berjanji akan berupaya untuk membawa tari kreasi Melinting agar bisa dikenal secara baik di tingkat nasional maupun internasional. (gr)