Kadis Dikbud Provinsi NTB Menjadi Pembina Upacara di SMANSIX

oleh -42 views

MATARAM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd menghadiri upacara bendera di SMA Negeri 6 Mataram Senin, (8/11/2021).

Upacara bendera rutin setiap hari Senin kali ini spesial karena dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTB yang bertempat di halaman SMA Negeri 6 Mataram. Dalam amanatnya Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd menyampaikan bahwa beliau ingin memastikan proses pendidikan/proses layanan pembelajaran, pembentukan karakter di SMA Negeri 6 Mataram telah berjalan dengan baik.

“Saya mengapresiasi petugas upacara telah menjalankan tugasnya dengan baik tanpa ada kesalahan sedikitpun, saya bangga SMA Negeri 6 Mataram memiliki 10 janji siswa, itulah salah satu cara membentuk karakter anak” Terangnya.

Lebih lanjut beliau meminta semua guru agar menjadi indikator karakter, ukur setiap item, anak sudah janji bertaqwa itu cirinya apa, anak disiplin indikatornya apa.

“Kalau 10 janji siswa itu dilakukan dengan baik, maka saya yakin anak-anak tidak perlu kita kawal karena akan berjalan karakter tersebut dengan sendirinya. Kalau ada komitmen para guru, komitmen kerja TU, ada komitmen bersama antara guru, pegawai, kepala sekolah dan siswa maka saya bayangkan SMA Negeri 6 Mataram akan menjadi sekolah yang humanis, bagus dan luar biasa. Cintailah sekolah kalian karena kalian lahir, besar disini dan kalian akan meniti karir pertama dari sekolah ini” Imbuhnya.

Beliau mengatakan kesuksesan anak-anak tidak pernah orang lain mengambil bagian porsi lebih besar, jadi kesuksesan itu tidak berasal dari mereka tetapi kesuksesan itu harus lahir dan dimulai dari diri sendiri, kuncinya adalah disiplin dan sungguh-sungguh dan kendalikan diri.

“Kalau kalian mengatur diri sendiri tidak mampu jangan harap menjadi anak yang sukses, tidak ada keberkatan, rezki dan kemudahan dari langit kepada orang-orang yang membangun dirinya, mengatur diri sendiri begitu susah karena itu semangat harus dikuatkan, disiplin dalam menata diri karena sukses banyak lahir dan berangkat dari diri sendiri” Tambahnya.

“Dua hari kedepan kita akan memperingati Hari Pahlawan, tentu kita perlu mengambil manfaat, hikmah. Kata pahlawan sejatinya tidak harus mereka semua yang gugur dalam membela negara ini, pahlawan adalah yang menyelamatkan kita, pahlawan adalah orang yang memotivasi kita, pahlawan adalah orang disekitar kita yang bisa mengayomi dan mengajak kita sukses, di rumah ada orang tua sebagai pahlawan, di sekolah ada guru sebagai pahlawan, di lingkungan ada teman selaku pahlawan, teman sekali waktu akan memberikan nasehat, mereka juga adalah pahlawan” Tutupnya(Yp).

The following two tabs change content below.