Jelang Ramadhan, Upacara Adat Mandi Belimau Kasai Sultan Digelar Meriah

Foto ilustrasi: salah satu kegiatan Belimau Kasai (ist)

MANDI Balimau Kasai, akan dilaksanakan hari ini, Sabtu (28/5/2016). Tradisi ini bakal dilaksanakan yang akan dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris, yang juga bergelar Datuk Setia Amanah.

Foto  ilustrasi: salah satu kegiatan Belimau Kasai (ist)
Foto ilustrasi: salah satu kegiatan Belimau Kasai (ist)

Upacara adat Mandi Balimau Sultan ini merupakan salah satu rangkaian acara masyarakat kabupaten Pelalawan khususnya Kecamatan Pelalawan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan. Dan prosesi tradisi ritual yang dimulai dari tanah bersejarah sebagai cikal bakal kabupaten Pelalawan tempat berdirinya kerajaan Pelalawan Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan ini, merupakan salah satu syarat masyarakat yang ada di seluruh pelosok Kabupaten Pelalawan ini dalam melaksanakan ritual pembersihan diri dengan mandi balimau khususnya pelaksanaan mandi balimau Potang Maogang.

Bacaan Lainnya

Belimau sultan merupakan tradisi kerajaan pelalawan untuk menyambut potang mogang. Sultan megajak mandi bersama dengan masyarakatnya di tepian sungai (hulu bandar) istana sayap kerajaan, konon ceritanya Kegiatan ini tiap tahun dilaksanakan hingga sekarang untuk mepertahankan budaya ini, bentuk perwujudan masyarakat pelalawan untuk melestarikan adat dan tradisi di desa pelalawan.

”Seperti tahun-tahun sebelumnya, insyaAllah, pada tahun ini Balimau Sultan yang sudah menjadi tradisi Kerajaan Pelalawan turun temurun menyambut bulan suci Ramadhan,” kata HT Nahar, SP selaku Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Pesisir (LAMP) Pelalawan, Selasa (10/5/2016) di Pangkalan Kerinci

Dijelaskannya, rangkaian Balimau Sultan yang pada zaman Kerajaan Pelalawan merupakan ajang silaturahmi antara keluarga kerajaan dan rakyatnya untuk saling memaafkan itu dilaksanakan selama dua hari.

Pada 27 Mei yang bertepatan hari Jumat, sebutnya, pagi harinya akan dilaksanakan ziarah Makam Jauh disambung Tahlilan Beranyut di Sungai Kampar menggunakan sampan dan pompong. Lalu, malam harinya digelar membaca Alquran (Yasinan).

Kemudian pada Sabtu (28/5/2016) pagi akan dilaksanakan ziarah Makam Dekat yang terletak di Kelurahan Pelalawan. Dimana makan Dekat ini terdapat makam Raja Kerajaan Pelalawan Raja Tengku Asyidi Syarief Haroen Marhum Setia Negara, Makam Tengku Pangeran dan keluarga kerajaan lainnya.

”Puncak kegiatan yakni Balimau Sultan yang langsung akan dihadiri Sultan Pelalawan, Bupati Pelalawan serta pejabat Pelalawan dan masyarakat. Kalau dulu, Balimau Sultan dilakukan keluarga Kerajaan dengan masyarakat, tapi sekarang pemerintah bersama masyarakat,” katanya. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *