Festival Mahakam ke XVI Jadi Magnit Bagi Wisatawan ke Samarinda

oleh -478 views

Festival Mahakam ke XVI  di perairan Sungai Mahakam dapat  disaksikan pada puncak acara di hari Minggu 13 November 2016

SAMARINDA – Sebagai sebuah gelaran tahunan akbar di kota Samarinda, Festival Mahakam menjadi ikon dan milik warga kota Samarinda sesuai dengan tagline nya “Semarak Pesta Rakyat”. Sebentar lagi, momen semarak ini akan dapat disaksikan untuk yang ke-16 kalinya.

“Kembali kami persembahkan Festival Mahakam ke XVI pada 11-13 November 2016. Walaupun situasi keuangan Pemkot yang defisit tahun ini, tapi saya sangat setuju untuk men support event ini sesuai kemampuan. Memang tidak seperti tahun-tahun yang lalu. Tapi saya yakin dengan kreativitas pasti tetap akan meriah.” ujar Walikota Samarinda, Syaharie Jaang.

Lebih lanjut, orang nomor 1 di Samarinda ini sangat yakin dengan banyaknya multiplier effect yang dihasilkan dengan kegiatan ini. Selain sebagai sarana hiburan, Festival Mahakam juga menjadi ajang kreativitas, pelestarian budaya, dan tak kalah penting adalah bisa menjadi magnit untuk kunjungan wisata ke kota Samarinda.

“Apalagi Festival Mahakam tahun ini akan bersamaan dengan kegiatan MTQ Nasional Korpri pada 12-21 November 2016 yang dipusatkan di Islamic Center. Insya Allah, ada banyak yang bisa dikolaborasikan untuk menjadi lebih meriah,” lanjut Jaang.

Sementara itu, rasa optimis juga disampaikan dengan penuh semangat oleh Kepala Dinas Pariwisata, ekonomi kreatif dan Kominfo kota Samarinda, Muhammad Faisal.

“Kami sangat optimis tahun ini lebih meriah sesuai dengan trend event ini yang terus meningkat setiap tahunnya sejak tahun 2012. Alhamdullilah, kami tetap semangat dan partisipasi masyarakat membantu serta berpartisipasi aktif juga masih baik,” kata Muhammad Faisal.

Kegiatan di perairan Sungai Mahakam yang ditunggu-tunggu masyarakat tetap masih bisa disaksikan pada puncak acara di hari Minggu 13 November 2016 mulai pagi hari hingga malam hari.

Acara kemudian berlanjut pada malam hari saat pembukaan MTQ Nasional Korpri di Islamic Center. Selain itu, beberapa kegiatan di tepian Mahakam juga terus berlanjut seperti di Tepian depan BI, Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Anggi, Lapangan Karang Asam, hingga ke BigMall.

“Beberapa special event tentu saja akan kami sajikan sebagai sebuah kejutan menarik untuk warga kota Samarinda. Mulai dari segmen anak-anak TK, SD, remaja, komunitas, budaya hingga ibu-ibu selalu mewarnai kemeriahan di Festival Mahakam,” ujar Faisal dengan semangat.

Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi sekretariat panitia pelaksana di kantor Disparkominfo Jalan Dahlia Nomor 69, Samarinda. (*clicksamarinda/gr)