Fenomena Langka Kemunculan Orca di Perairan Anabas

Ikan Paus jenis Orca

JAKARTA – Di tengah mewabahnya Covid 19, ada fenomena menrik di perairan Anambas. Fenomena ini belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu munculnya sekelompok ikan Paus jenis Orca.

Fenomena ini terjadi di sekitar Taman Wisata Perairan (TWP) Anambas (3/4/2020). TWP adalah Kawasan Konservasi Perairan dengan luas 1,2 juta hektar. Peristiwa ini terekam melalui ponsel Aldi Pratama, seorang nelayan Desa Tarempa Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas dan sempat viral melalui akun media sosial.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru, menelusuri kebenaran video yang beredar di media sosial dan dibenarkan oleh Aldi, bahwa video tersebut diambil pada 30 Maret 2020 sekitar pukul 12.00 WIB dan terlihat tujuh (7) ekor Orca.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono menjelaskan kemunculan Orca di sekitar TWP Anambas mengindikasikan wilayah perairan Anambas memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi.

“Dengan kondisi keanekaragaman hayati yang tinggi, sangat tepat bila wilayah ini perlu dilindungi dan dijadikan kawasan konservasi dengan fokus pengembangan konservasi berbasis ekowisata di belahan barat NKRI, ini menjadi peluang bagi Pemerintah RI,”katanya.

Oleh karenanya, KKP mendorong Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan sebagian ruangnya untuk konservasi dan mewujudkan ke dalam Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau kecil (RZ WP3K).

Lebih lanjut Aryo menjelaskan sesuai Kepmen KP No.37/KEPMEN-KP/2014 TWP Anambas merupakan wilayah perairan yang dikelola KKP. Kemunculan Orca di perairan Anambas perlu mendapat perhatian dan didukung dengan penelitian lebih lanjut karena merupakan fenomena yang langka dan dapat memperkaya data konservasi perairan Indonesia.

“Munculnya Orca di perairan Anambas bisa menjadi indikasi bahwa, wilayah perairan tersebut subur, banyak sumber makanan yang pada gilirannya dapat meningkatkan sumberdaya perikanan sebagai sumber pangan. Sesuai dengan target SDGs 14 artinya Indonesia memiliki asset pangan yang baik,” ungkap Aryo di Jakarta, Jumat (24/4/2020)

Atas videonya itu , Fajar Kurniawan, Kepala LKKPN Pekanbaru akan memberikan penghargaan kepada Aldi.

“ Kami sangat apresiasi atas kontribusnyai memperkaya informasi konservasi di TWP Anambas dan akan menyampaikan penghargaan dalam waktu dekat,” jelasnya. (danu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *