Bukan Hanya Obama, Tokoh-Tokoh Dunia Ini Juga Pernah Mengunjungi Borobudur

  • Whatsapp
Foto: Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat di Candi Borobudur. (ist)

Gapuranews.com – Jakarta, Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur bagaikan magnet bagi para wisatawan pecinta sejarah. Tak terkecuali Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama yang belum lama ini datang untuk melihat langsung.

Obama dan keluarga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Magelang, khusus untuk melihat Borobudur di sela waktu liburannya bersama keluarga di Yogyakarta.Ternyata tak hanya Obama, masih banyak juga tokoh-tokoh dunia yang pernah berkunjung ke candi yang dibangun pada tahun 800-an masehi ini. Seperti yang dirangkum oleh Gapuranews.com berikut ini.

Muat Lebih

1. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg
Zuckerberg berkunjung ke Borobudur pada tanggal 12 Oktober 2014, di pagi hari. Kehadirannya di Borobudur terkesan rahasia. Hanya beberapa orang dekatnya yang tahu tentang kunjungan Zuckerberg ke Borobudur. Padahal besoknya ia dijadwalkan harus tiba di Jakarta. Karena itu pula, Zuckerberg tanpak leluasa di menikmati keindahan Borobudur. Salah satu hal unik yang dialami Zuckerberg di sini adalah ia diminta tolong untuk memotret turis asing yang juga sedang berwisata di Borobudur.

2. Aktor Richard Gere
Aktor yang terkenal berlakon di film “Pretty Woman” ini tampaknya tak akan melewatkan kunjungan ke Borobudur. Sebab Richard Gere memang menganut agama Buddha. Di Borobudur, Gere juga melakukan ritual untuk mengelilingi candi untuk menelusuri tingkatan hidup manusia dalam ajaran Buddha yang dicerminkan relief Borobudur. Mulai dari kamadatu, rupadatu, sampai arupadatu.

3. Petenis Maria Sharapova
Sharapova yang terkenal sebagai salah satu petenis cantik nan berprestasi pernah mengunjungi Borobudur tahun 2012. Ia juga datang di pagi hari untuk menikmati matahari terbit dari atas Borobudur. Tak lupa ia mengabadikan momen tersebut, dengan berpose duduk santai.

4. Pesepak bola, David Beckham
Berkunjung ke Borobudur tahun 2007, Beckham dikabarkan menggunakan jet pribadi dari Singapura ke Yogyakarta. Penjagaan yang luar biasa ketat, membuat tak ada media yang dapat mengabadikan kunjungan Beckham ke Borobudur.

5. Pangeran dan Putri Norwegia
Tahun 2012 tepatnya tanggal 28 November, Pangeran Mahkota dari Norwegia, Haakon dan Putri Mahkota dari Norwegia Mette-Marit berkunjung bersama ke Borobudur. Kunjungan tersebut termasuk dalam kunjungan dinas dalam rangka memperat hubungan kenegaraan Indonesia dan Norwegia. Mereka juga bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam kunjungan tersebut.

6. Aktor dan pelawak Charlie Chaplin
Bisa jadi Chaplin adalah selebriti pertama di dunia yang berkunjung ke Borobudur. Bagaimana tidak, Chaplin berkunjung ke Borobudur pada tahun 1932. Padahal Borobudur pertama kali ditemukan tahun 1814 dan hingga tahun Chaplin datang masih banyak penelitian dan pemugaran yang dilakukan untuk Candi Borobudur.

7. Putri Thailand
Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn berkunjung ke Borobudur pada tanggal 10 September 2016. Itu bukan kedatangan perdananya, Purti Sirindhorn pernah berkunjung ke Borobudur di tahun 1986 dan tahun 1989.

8. Presiden Ukraina
Masih di tahun 2016, Presiden Ukraina Petro Poroschenko bersama istri menyempatkan diri berkunjung ke Borobudur. Di sana Porochenko sempat bertanya perihal relief dan membandingkan Borobudur dengan Angkor Wat di Kamboja.(Rayza Nirwan/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *