‘Tarian ‘Tandak Bergurau’, Karya Nasri Efas Harumkan Kab. Serdang Bedagai

oleh -567 views
Foto: Penari dan kru Tarian 'Tandak Bergurau' (ist)

MEDAN (Gapuranews.com) – Tarian ‘Tandak Bergurau’ karya kreografer Melayu, Nasri Efas yang dibawakan sanggar Central Seni Pantai Cermin (CSPC), Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara, mampu memukau penonton dalam ajang ‘Gelar Seni Serumpun,’ 21-27 Agustus 2016 lalu.

Acara ‘Gelar Seni Serumpun’ merupakan sebuah kegiatan ‘Festival Bumi Sri Gemilang XV’ yang digelar di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Riau.

Nasri Efas mengatakan, CSPC diundang secara resmi oleh panitia penyelenggara, Dewan Kesenian dan Parbudpora Hindra Giri Hilir. “Kita memang diundang secara resmi oleh panitia penyelenggara dan langsung menyiapkan satu tarian “Tandak Bergurau”. Alhamdulillah kita mendapat sambutan dan termasuk sukses serta mendapat aplaus yang meriah. Kita banggalah dan mudah-mudahan tidak membuat malu Serdang Bedagai tetapi malah membanggakan,” kata seniman tari Melayu yang akrab disapa Cicik ini, Selasa (6/9/2016).

Foto: Nasri Efas (cicik) saat menerima penghargaan dari Bupati Indra Giri Hilir (ist)
Foto: Nasri Efas (Cicik) saat menerima penghargaan dari Bupati Indra Giri Hilir (ist)

Untuk mengkespresikan karyanya, Cicik dibantu oleh penari-penari yang berpengalaman, diantaranya Syafrijaldi M Sn, Mhd Ihsan Rafli, Ferdiansyah, Mhd Fahriza Hidayat, Nella Rafika, Haisyah Rani, Eti Widya Ningsih, Dwi Adjeng Zulfitri Lubis dan Natasya Zulkhairani.

Festival Bumi Sri Gemilang XV merupakan acara yang digagas Pemda Tembilahan, Indra Giri Hilir sekaligus menjadi agenda tahunan. Bupati Indra Giri Hilir, H Muhammad Wardan yang juga hadir dalam acara ini beserta Wakilnya, H Rosman Malomo, menyambut gembira atas dukungan berbagai daerah yang mendukung acara ini.

Wardan Bahkan sempat menyebut nama, Soekirman Bupati Serdang Bedagai dan mengatakan rasa simpatinya atas partisipasi menghadiri acara ini dan mengirim kontingennya.

Selain Sergai juga hadir, Sanggar Panglima, Pelalawan- Riau, Sanggar Bahiyya Dancer Troupe, Kuala Lumpur, Malaysia, Sanggar Seni Kuantan Mekar, Taluk Kuantan-Riau, Sanggar Citra Sebati, Tembilahan – Riau, Era Dance Theater Lilmited, Singapore, Sanggar Seni Rumah Gadang, Solok-Sumatera Barat, Sanggar Ratna Sari, DKI Jakarta, Sanggar Sri Gemilang dan Tembilahan-Riau.

“Secara pribadi kami sangat mengapresiasi acara tersebut dan sangat salut dengan panitia. Kerja mereka sangat profesional, peserta dilayani dengan baik,” ujar Cicik.

Cicik juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberangkatan mereka ke Indra Giri Hilir seperti, SMA Neg. 1 Pantai Cermin, SMP Neg. 1 Pantai Cermin di bawah binaan Kadis Pendidikan, Jhoni Walker MM, Merianto Sum, Anggota DPRD Sergai Komisi B, Parbudpora Sergai dan Bupati Sergai, Soekirman. (aba/gr)