Sleman Gelar Kirab Budaya 34 Bregada Prajurit, Sabtu 24 September

  • Whatsapp
Foto ilustrasi: Prajurit tradiisonal (ist)

Festival Bragada Prajurit akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.20 juta

SLEMAN – Sebanyak 34 Bregada Prajurit Tradisional dari 17 Kecamatan Se-Kabupaten Sleman akan  tampil memukai pengunjung dikawasan Pemkab Sleman Yogyakarta, Sabtu 24 September 2016 mulai pukul 13.00 – 17.00 WIB. Ke 34 Bregada Prajurit tersebut bakal menghibur masyarakat dan wisatawan dengan melakukan kirab sepanjang 1 (satu) kilometer dengan start Lapangan Denggung menuju Lapangan Pemda Sleman.

Muat Lebih

Demikian dinyatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Jum’at 23 September 2016 saat memantau persiapan Pembukaan Pelangi Budaya Bumi Merapi di Lapangan Denggung Sleman Yogyakarta.

Ayu menambahkan bahwa usai Kirab Bregada Prajurit Tradisional, pada malam harinya mulai pukul 18.00 di Gedung Serbaguna disajikan wayang suket, emprak, jeber juwes, kethek ogleng, dadungawuk, srunthul, sampakan.

Sedangkan Minggu 25 September 2016 diawali pada pukul 10.00 WIB di Panggung KRT Pringgodiningrat dipentaskan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop dilanjutkan dengan kirab pelangi budaya Bumi Merapi yang terdiri atas 55 kontingen dari berbagai kalangan dan komuitas seni budaya, museum, sekolah, perwakilan luar daerah yaitu Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB.

Untuk Festival Bragada Prajurit akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.20 juta, dengan rincian untuk Penampil Terbaik 1 – Terbaik 6 secara berturut-turut memperoleh hadiah tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.5 juta, Rp.4,5 juta, Rp.4 juta, Rp.3 juta, Rp.2 juta dan Rp.1,5 juta.

Ayu menambahkan bahwa masyarakat dan wisatawan yang menonton Kirab Bragada Prajurit tersebut agar menjaga keamanan dan ketertiban agar dapat menyaksikan kirab dengan nyaman dan tidak menimbulkan kerusakan taman yang ada disepanjang jalur kirab. Selain itu diharapkan pula untuk berhati terhadap perhiasan maupun anak-anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ayu juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat umum dan pengguna jalan di Jl. KRT Pringgodiningrat dan Jl. Parasamya yang terpaksa ditutup untuk pelaksanaan kirab Bregada Prajurit mulai pukul 13.00 – 17.00 WIB. (rl/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *