Puluhan Insan Kreatif Dinyatakan Lulus Pelatihan Daring Homecreativepreneur

Menu Khas Nusantara

JAKARTA – Sebanyak 37 insan kreatif yang turut serta menjadi peserta dinyatakan lulus dalam Pelatihan Daring Homecreativepreneur yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku ekonomi kreatif di bidang digital marketing selama masa pandemi COVID-19.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan pelatihan daring Homecreativepreneur selama 2 bulan (Mei-Juni 2020) dan secara resmi ditutup pada 1 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif (Direktur PSDM EKRAF), Muhammad Ricky Fauziyani, S.Sos, M.Pd saat Penutupan Pelatihan daring Homecreativepreneur, Rabu (1/7/2020), mengatakan proses pelatihan daring Homecreativepreneur semata-mata bukan hanya untuk meningkatkan kompetensi hard skill tetapi juga kompetensi soft skill dalam menghadapi bisnis di era digital. Artinya, keterampilan teknis yang canggih perlu diharmonisasikan dengan kompetensi soft skill yang mumpuni.

“Dari 100 peserta pelatihan, 37 peserta dinyatakan lulus. Adapun indikatornya adalah telah menyelesaikan seluruh tugas materi, menggunakan kaidah SEO, dan aktif dalam diskusi pendampingan. Peserta yang lulus mendapat sertifikat dan akan direkomendasikan dalam program-program lain Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekraf,” Kata Muhammad Ricky Fauziyani.

Pelatihan daring Homecreativepreneur merupakan inisiasi yang dilakukan Kemenparekraf bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) yang terdampak pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan, agar pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan media digital secara optimal untuk memasarkan produknya.

Pelatihan salah satunya menekankan pada pengembangan bisnis melalui website dengan memanfaatkan kaidah SEO (Search Engine Optimization). Pelatihan dilaksanakan dengan metode pembelajaran melalui video materi, artikel, tools SEO dan website, serta program pendampingan kepada peserta selama pembelajaran berlangsung.

Terdapat 10 materi yang diberikan selama pelatihan. Adapun pencapaian para peserta adalah peserta sudah memiliki website berdomain resmi yang memiliki feature media chat, video, content, dan menggunakan kaidah SEO untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Salah satu peserta bernama Arief Susanto menyampaikan kesan yang mendalam setelah mengikuti pelatihan daring Homecreativepreneur.

“Alasan saya mengikuti pelatihan ini karena Kemenparekraf memberikan materi berupa SEO (Search Engine Optimization), lalu bagaimana cara membangun website yang bekerja sama dengan primal.id dan goget editor, ini salah satu pelatihan yang sangat bagus,” katanya.

Arief menambahkan di saat pandemi COVID-19 dirinya merasa sangat perlu meningkatkan kemampuan dalam hal pengetahuan terkait cara memperkenalkan bisnis pelaku ekonomi kreatif ke dunia digital. ”Dan ini merupakan kegiatan yang sangat positif yang menunjukkan keberpihakan pemerintah kepada insan kreatif dan UMKM,” katanya.

Senada disampaikan peserta asal Balikpapan, Yosica Ferinda, yang mengatakan banyak ilmu yang ia dapat dari pelatihan ini. “Salah satunya bagaimana cara membangun sebuah website yang menarik untuk berbisnis di era digital dengan metode yang mudah dipahami serta mempelajari apa yang diinginkan pasar atau membidik target market. Saya berharap semakin banyak UMKM yang bisa mengikuti pelatihan seperti ini,” kata Yosica.

Ia pun menyampaikan terima kasih telah mendapatkan peluang untuk mengikuti pelatihan yang memungkinkan dirinya bisa memperluas jaringan termasuk dengan rekan peserta pelatihan daring Homecreativepreneur.

“Karena mengenal mereka saya jadi terpacu untuk mempelajari hal-hal baru dan saya berharap kita dapat menjalin kerja sama bisnis ke depan,” katanya.

Pelatihan daring Homecreativepreneur diharapkan bisa memberikan solusi bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia di masa pandemi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya sehingga mampu melakukan transformasi digital dalam meningkatkan skala usahanya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *