Pentas Karya Sahabat Indonesia dari 41 Negara di TIM, Meriah!

Fotto ilustrasi: Poster Pentas Karya Sahabat Indonesia dari 41 negara. (ist)

PENTAS Karya Sahabat Indonesia dari 41 negara digelar Teater Besar Taman Ismail Marzuki pada Kamis, (18/8/2016) meriah. 60 pemuda-pemudi warga negara asing, termasuk empat WNI yang cinta akan keindahan dan kekayaan negeri ini tampil bersama dengan puluhan pemuda dari berbagai negara di Asia, Pasifik, Amerika maupun Eropa.

Fotto ilustrasi:  Poster Pentas Karya Sahabat Indonesia dari 41 negara. (ist)
Fotto ilustrasi: Poster Pentas Karya Sahabat Indonesia dari 41 negara. (ist)

Kedatangan mereka bukan sekadar menikmati keindahan alam, tetapi juga menyelami keragaman budaya Indonesia. Buah dari hasil pembinaan selama tiga bulan begitu tumpah ruah di atas panggung malam tadi. Tepuk tangan begitu riuh menggema tatkala lenggak lenggok peserta dan alunan musik mereka usai.

“Saya sangat terkesan dengan hasil seni anak-anak ini. Saya enggak kebayang, semua ini -seni tari dan bermain musik tradisional- mereka pelajari sampai bisa hanya dalam waktu tiga bulan saja. Tadi saya lihat sebelum acara, bahkan mereka bisa menganyam dan membatik. Very impressive,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi tak kuasa mengungkapkan rasa takjubnya, di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Anak-anak itu adalah para peraih beasiswa seni dan budaya Indonesia (BSBI). Program tahunan yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.

Program ini diikuti oleh perwakilan dari 41 negara, termasuk Indonesia. Dibuka sejak 13 Mei dan untuk pertama kalinya ditutup dengan sebuah pentas seni bertajuk Pentas Karya Sahabat Indonesia (Indonesia Channel 2016). Dengan tema ‘Thousands Islands Made in Heaven’, puluhan peserta dengan apik memadukan banyaknya budaya Indonesia ke dalam satu pertunjukkan, menjadi satu rangkaian cerita mengenai betapa indahnya alam Indonesia yang terbentuk dari pulau-pulau. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *