Pengelola dan Pemandu Objek Wisata Agusen Dapat Pelatihan

  • Whatsapp
Foto: Pemandangan Wisata Agusen. (ist)

GAYO LUES – Guna memaksimalkan pembangunan distinasi pariwisata Agusen, yang di Desa Agusen, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, maka Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) melakukan kunjungan langsung ke lokasi tersebut, Kamis (22/8/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Disbudpar Aceh juga berkesempatan memberikan pelatihan bagi para pengelola dan pemandu wisata. Hal tersebut dimaksudkan agar para pemandi wisata bisa mengetahui tugas yang harus dilakukan ketika memandu wisatawan.

Junaidi selaku Ketua Tim Pemandu Wisata Agusen mengatakan, pihaknya diberi sejumlah materi yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas sebagai pemandi wisata.

“Materi pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pemandu objek wisata. Khusus wilayah Agusen, peserta yang diikutkan dalam pelatihan sebanyak 10 orang pengelola dan 11 orang pemandu wisata,” ungkap Junaidi.

Dari pelatihan tersebut, banyak pengetahuan baru yang diproleh dari narasumber. “Dengan pelatihan ini maka kami dapat mengerti dan bisa melakukan tugas kami sesuai juknis yang berlaku,” kata Junaidi.

Dikatakan juga, saat ini masih banyak lokasi wisata di Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues yang belum di kelola secara maksimal. Ini, urainya, akibat kurangnya fasilitas pengunjung seperti kamar mandi, home stay serta fasilitas lainnya. karena itu maka dirinya mengharapkan agar Disbudpar Aceh dapat membantu membangun fasilitas pendukung guna mendukung kunjungan wisatawan.

Ikut dalam kegiatan tersebut Kabid Disbudpar Aceh Muzakir, Kasi Muda Pasyah, Sabri serta Heru Purwanto selaku pengelola objek wisata Ngalanggeran Patuk Yojya Karta dan Insu Hendang selaku narasumber Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sekedar diketahui, Kabupaten Gayo memang lebih dikenal sebagai penghasil kopi yang ramai diminati. Namun tempat ini sebenarnya memiliki banyak potensi wisata lainnya.

Kawasan Kabupaten Gayo memiliki salah satu destinasi wisata yang sering menjadi tujuan masyarakat lokal. Tempat tersebut adalah Desa Wisata Agusen. Terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan di desa wisata ini. (**/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *