Pameran Seni Lukis Kali Si Gloglok Resmi Dibuka

oleh -1.337 views
Foto: Pasar seni lukis Kali Si Gloglok, Klaten. (ist)

KLATEN – Pasar seni lukis dan pameran seni lukis Kali Si Gloglok resmi dibuka untuk umum pada Jumat (26/7/2019) malam.

Pembukaan dipusatkan di Wisma Seni Kali Gloglok yang keberadaannya persis di pinggir sungai. Tentu pengunjung bisa menikmati lebih dari 300 karya lukisan di 22 stand yang disiapkan panitia. Warna warni lampu hias diatas sungai Gloglok memanjakan pengunjung dan warga menikmati suasana sungai Glogok yang kini bersih.

Pelukis sekaligus anggota Komunitas Peduli Sungai (KPS) Gojalu
Dwiyanto mengatakan, perlu waktu dua tahun untuk merubah sungai Si Gloglok yang s kotor, penuh sampah dan limbah serta berbau, kini menjadi sungai yang sangat bersih dan indah.

BACA JUGA BOS:   Mesin Jahit Ibu

Dwiyanto yang juga ketua RT, bersama lima warga dibantu banyak pihak awalnya hanya modal nekat untuk melukis di pinggir sungai.Tidak ada anggaran khusus dari pemerintah tidak mengurangi Dwiyanto dan rekan- rekanya untuk kembali memulihkan dan mempercantik sungai Si Glogok.

BACA JUGA BOS:   Cerita Mini (Cermin), (21) 'Eksekutor Dari Tanah Melayu'

“Dulu, sungai Si Glogok, bisa untuk mandi dan ciblon serta bersih,” ucap Dwiyanto.

Ansori, Komunitas Seni Sanggar Bambu, dan Karang Sasangka dari Pasren Klaten mengemukakan acara pasar seni dan pameran merrupakan kolaborasi antara seniman, komunitas, warga, Sekolah Sungai Klaten, Dewan Kesenian dan juga dukungan pihak swasta serta pemerintah.

BACA JUGA BOS:   Cerita Mini (Cermin), (19) 'Eksekutor Dari Tanah Melayu'

Untuk menjadikan Sungai Si Gloglok menjadi aset pegembangan kesenian, wisata, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian lingkungan. (**)