BPBD Kabupaten Dairi Bangun Gorong-Gorong di Jalan Amblas Akibat Banjir Bandang

oleh -309 views
Jalan amblas dibangun gorong-gorong di Dairi

SIDIKALANG – Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi melakukan perbaikan jalan amblas akibat banjir bandang yang terjadi di Dusun Rumah Haji, Desa Sumbari, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Jumat (24/04/2020).

Camat Silima Pungga-pungga, Maruli Sinaga menyampaikan perbaikan jalan ini merupakan instruksi langsung dari Bupati Dairi, Dr Addy Keleng Ate Berutu agar dengan cepat bisa merampungkan jalan amblas yang terputus sepanjang 35 meter akibat yang banjir bandang yang terjadi di desa Subari yang terjadi sekitar setahun lalu.

Menurutnya rencana awal dalam perbaikan jalan ini dilakukan dengan pembangunan jembatan sebagaimana permohonan yang diajukan, namun melihat kondisi waktu dan juga biaya yang terbilang besar maka pebangunan jembatan ditanguhkan.

“Namun dapat disiasati dengan pemasangan gorong-gorong baja, diameter 2 meter kali 5 meter selanjutnya ditimbun dengan tanah dan sirtu,” terang Maruli, Jumat (24/04/2020).

Ia melanjutkan, pengerjaan yang dilakukan sudah mencapai progres pengerjaan mencapai 20 persen, yang diperkirakan pengerjaan selesai dalam waktu 10 hari kerja.

“Tenaga kerja 10 orang dari BPBD Kabupaten Dairi dan dibantu masyarakat setempat yang dilakukan secara bergotong royong dibawah kendali Kepala Desa. Pihak pekerja juga harus menginap di lokasi yang difasilitasi oleh Kepala Desa, agar pengerjaan bisa selesai dengan cepat,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, satu unit alat berat jenis eskavator sudah diturunkan ke lokasi sebagai salah satu alat kerja yang digunakan, beserta beberapa peralatan bangunan.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan terkait penanganan jalan yang amblas akibat banjir Bandang di Desa Sumbari merupakan pengerjaan yang harus diprioritaskan agar akses transportasi di kawasan desa setempat tidak terganggu sehingga arus logistik dari desa ke desa tetap lancar terlebih ditengah situasi penanganan Covid-19.

“Meski di tengah situasi Covid-19, pelayanan publik oleh Pemkab Dairi harus tetap jalan, termasuk perbaikan akses publik jalan yang terputus agar arus logistik ke tiap desa di Dairi tidak terganggu. Secara khusus saya berpesan ke pada tim yang bekerja di lapangan agar tetap melakukan protokol yang mengutamakan kesehatan, di tengah situasi Covid-19, dan tetap semangat,” pungkasnya. (martin)