ACBA Sumbang 4.000 Masker dan 3.000 Makanan Pokok Untuk warga Buenos Aires Terdampak Pandemi

oleh -893 views
ACBA Sumbang 4.000 Masker dan 3.000 Makanan Pokok Untuk warga Buenos Aires

BUENOS AIRES – Sebagai bentuk solidaritas dan persahabatan antara ASEAN dan Argentina, pada ASEAN Comittee in Buenos Aires (ACBA) menyumbangkan perlengkapan sanitasi, makanan, dan perlengkapan musim dingin untuk masyarakat Provinsi Buenos Aires yang terdampak pandemi.

Sebanyak lebih dari 4.000 masker, 3.000 bungkus makanan yang terdiri dari pasta, tepung terigu, tuna kaleng, kacang lentil, atau susu bubuk terkumpul, dan selanjutnya akan disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Buenos Aires kepada komunitas yang membutuhkan.

Dalam kapasitasnya selaku Ketua ACBA, Dubes RI Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie, sampaikan harapannya agar sumbangan akan bermanfaat membantu masyarakat di Provinsi Buenos Aires khususnya dalam menghadapi musim dingin.

“Persahabatan tidak mengenal batasan geografis dan pandemi mengharuskan kita untuk tolong-menolong”, pesan Dubes Niniek, Minggu (4/7/2021).

Musim dingin di Buenos Aires yang bisa mencapai 5˚C menimbulkan kewaspadaan baru di Argentina. Banyak dari masyarakat menghabiskan waktu di ruang tertutup sehingga lebih rentan terpapar virus. Sementara mereka yang beraktivitas di luar rumah harus menghadapi cuaca dingin yang bisa membawa penyakit infeksi lain seperti flu.

Sofía Sternberg, Dirjen Hubungan Internasional dan Institusional Provinsi Buenos Aires mengapresiasi dukungan dari ACBA kepada masyarakat rentan terdampak pandemi, terutama karena banyak program bantuan sosial yang pelaksanaannya harus tertunda karena pandemi. Pemerintah Provinsi Buenos Aires berharap pandemi segera berlalu, agar lebih banyak lagi kegiatan yang dapat disinergikan dengan ACBA, khususnya di bidang ekonomi dan budaya.

Provinsi Buenos Aires sendiri adalah salah satu episentrum Covid-19 di Argentina. Sekitar sepertiga kasus harian di Argentina berasal dari provinsi berpenduduk 16 juta jiwa ini.

Gelombang kedua yang terjadi April – Juni lalu membuat kapasitas rumah sakit mendekati ambang batas. Ekonomi pun ikut lesu, padahal Provinsi Buenos Aires adalah penyangga ibukota Buenos Aires dan salah satu lumbung pangan Argentina, khususnya produk kedelai dan sapi.

Program terakhir keketuaan Indonesia di ACBA

Sebagai catatan, sumbangan kepada Provinsi Buenos Aires merupakan program terakhir yang dilakukan ACBA selama masa keketuaan Indonesia (Januari – Juni 2021). Selanjutnya, tongkat estafet keketuaan akan dipegang oleh Filipina selama enam bulan ke depan hingga Desember 2021.

Sebagai ASEAN Committee on Third Countries and International Organizations, ACBA beranggotakan lima negara ASEAN yang memiliki kedutaan besar di Argentina, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Selain sumbangan kepada Provinsi Buenos Aires, sejumlah program dan kegiatan berhasil dilaksanakan selama masa keketuaan Indonesia, antara lain sumbangan buku kepada Pusdiklat Kemlu Argentina (ISEN), publikasi esai ASEAN, dan webinar Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). (red)

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

gapuranews

Gambar Gravatar

Latest posts by gapuranews (see all)