Tingkat Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar Menggelar Karyanya

oleh -1,212 views
Foto ilustrasi: Bentara Budaya Bali (ist)

BENTARA Budaya Bali kembali menggelar karya-karya mahasiswa tingkat akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar. Eksibisi bertajuk “Built in The Future” ini akan dibuka Rabu (15/6/2016) di Bentara Budaya Bali (BBB), Jl. Ida Bagus Mantra No.88A, Ketewel.

Foto ilustrasi: Bentara Budaya Bali (ist)
Foto ilustrasi: Bentara Budaya Bali (ist)

Pameran ini diikuti 143 mahasiswa, antara lain berasal dari jurusan Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Mode dan Fotografi.

Melalui tajuk “Built in The Future”, para mahasiswa ditantang untuk mengaplikasikan bidang keilmuannya, agar senantiasa dapat memberikan gagasan-gagasan kreatifnya dalam wujud karya, sekaligus mencerminkan situasi kekiniaan dalam masyarakat atau kontekstual.

Karya-karya yang dihadirkan para mahasiswa tingkat akhir ini seringkali menawarkan lompatan imajinasi yang tak terduga, mencerminkan kepekaan sosial, serta berupaya mengkritisi fenomena di sekitarnya, meski secara teknik terbilang belum matang.

Tema “Built in The Future” dihadirkan dengan tujuan mendorong mahasiswa untuk bukan hanya mengalami, tetapi juga memahami akan kehidupan.

Agenda ini sejalan pula dengan salah satu visi misi Bentara Budaya Bali, yakni menyelenggarakan kegiatan yang bersifat transfer of knowledge atau memberikan perluasan pengetahuan kepada publik, seraya membuka ruang ekspresi dan apresiasi bagi seniman-seniman mumpuni maupun mereka yang tengah meneguhkan eksistensinya.

Serangkaian pameran ini akan diselenggarakan pula berbagai kegiatan, seperti diskusi dan kelas kreatif.

Diskusi itu menghadirkan narasumber; Drs. I Ketut Murdana, M.Sn, Dr. I Nyoman Suardina, S.Sn., M.Sn., Dr. Drs. I Gst Ngr Ardana, M.Erg, A.A. Gede Bagus Udayana., S.Sn., M.Si, Dr. I Komang Arba Wirawan, S.Sn, M.Si dan Tjok Istri Ratna Cora, S.Sn., M.Si.

Terkait program Akademika, Bentara Budaya Bali telah menyelenggarakan kerjasama berulang dengan ISI Denpasar, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya UI, STMIK – STIKOM Bali, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Alfa Prima, UKM Udayana Science Club (USC) Unud, Jurusan Teknik Arsitektur Unud, dan Fakultas Kedokteran Unud, Pers Mahasiswa Lini Masa FISIP Unud dan Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana. (gr)