Sambangi SMANSA SR dan Yayasan R.A Kartini Sei Rampah, Ini Pesan Kapolres Sergai

oleh -28 views

SERGAI – Selama dua hari ini, Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud S. IK. M. IK lakukan kunjungan ke sekolah – sekolah yang dianggap muridnya banyak.

Sekolah Menengah Atas I (SMANSA) Seirampah yang terletak di Dusun XII Pokok Asam Desa Firdaus, pertama kali yang disasar oleh Kapolres Sergai, Kamis (3/11/2022).

Selanjutnya hari ini, Jum’at (4/11/2922) Yayasan R.A Kartini yang tergolong letak di Dusun II Kampung Keling Desa Seirampah, menjadi sekolah kedua yang disambangi Perwira Menengah yang bergelar Doktor Ilmu Kepolisian ini.

Dihadapan para Guru dan siswa tingkat SMA didua sekolah ini, AKBP Ali Machfud memperkenalkan diri dan juga tak lupa anak dan istri atau keluarga serta pendidikannya.

Hal ini dilakukan oleh Kapolres Sergai untuk memotivasi seluruh siswa, agar mampu meniru dan mengikuti orang – orang yang sukses karena dilandasi dasar pendidikan.

“Dengan kita berpendidikan maka etika, budi pekerti dan skill atau cara ber fikir kita semakin maju.Melalui sekolah dimana kita menimba ilmu, harusnya perilaku kita semakin tertib dan terarah.

“Kita tidak tahu kita akan jadi apa, tapi kita harus mempersiapkan diri kita utk menjadi apa saja”, papar Kapolres.

Terkait dengan Tertib Lalu Lintas, dalam kesempatan ini Kapolres menjabarkan, kalau saat ini Polisi tidak boleh melakukan penilangan secara manual, selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE, jadi kami meminta agar kita semua semakin dewasa, gunakan helm standar, untuk antisipasi kecelakaan. Jangan sampai impian generasi muda hancur/ hilang gara – gara kecelakaan, akibat keteledoran diri kita sendiri.

“Kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur, dan bukan karena ada Polisi. Terkait dengan kasus Narkoba, dalam kesempatan ini saya sampaikan, kalau tidak ada gunanya mengkonsumsi narkiba,karena jika tertangkap Polisi maka karier anda selesai. Hindari, jauhi dan jangan coba2- coba menggunakan Narkoba karena merusak generasi bangsa. Polisi adalah bayang – bayang dari peradaban, hukum akan baik jika peradaban baik”, jelas Perwira Melati Dua ini.

Selalu Kepala Kepolisian Resort ( Kapolres) di Serdang Bedagai (Sergai), yang berwenang dalam masalah penega kan hukum, dengan tegas orang nomor satu di jajaran Polres Sergai memberikan peringatan, kalau sewaktu – waktu Polres Sergai dan instansi terkait akan melakukan kan tes urine kepada seluruh siswa SMA.

“Kami akan lakukan secara dadakan dan waktu, lokasi sekolah akan diacak agar informasi tersebut tidak bocor. Dan tentunya, bagi yang terdampak atau posi tif menggunakan narkoba, selain orang tuanya di panggil juga akan diikuti dengan aturan hukum yang berlaku. Sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga diri dengan baik, dan harus lebih bagus dan lebih baik dari generasi sebelumnya”, kata Kapolres memberikan warning kepada siswa SMA tersebut.

Sebagai gambaran, Kapolres juga me maparkan banyaknya kasus yang melibatkan anak dibawah umur, baik sebagai korban dan tersangka yang ditangani Polres Sergai melibatkan anak, tak terkecuali anak sekolah dan putus sekolah dengan usia dibawah 18 tahun.

“Dalam hal tindak pidana terhadap anak, walaupun korban dan pelaku suka sama suka, akan tetapi jika pelakunya anak maka tetap diproses pidananya.

“Kami berharap agar adik-adik semua, bisa menjadi kebanggaan baik keluarga dan Negara, serta dapat menyampaikan kepada teman-teman dilingkungan sekitar supaya dapat menjaga diri. Jadilah Duta Anti Narkoba, untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan serta masyarakat”, jelas Kapolres.

Salah satu bukti kepedulian Polri dalam hal ini Polres Sergai cinta dan sayang kepada remaja,saat ini sudah dibangun GOR ( Gedung Olahraga) Bulutangkis. Dibuka setiap hari hingga pukul 23.00 wib, jadi siapa saja dapat menggunakan GOR tersebut secara gratis, silahkan datang, berlatih dan bermain di tempat tersebut.

Polres Sergai terbuka untuk umum, sekaligus memberikan pelayanan, melindungi dan mengayomi masyarakat. Saat ini kami sedang membangun salah satu wisata untuk anak-anak bermain, anggota berada di areal Polres Sergai, akan dijadikan lokasi car free day.

Diakhir paparannya, Pamen Polri yang sedang mempersiapkan dirinya mengambil gelar Profesor Ilmu Kepolisian ini menjelaskan, Hebitus (kebiasaan yang terus menerus dilakukan) pelajar, adalah literasi (belajar) dan sport (olahraga),jadi kita harus menanamkan hal tersebut dalam hidup kita sehari -hari.

“Ilmu pengetahuan sudah ada dan ditemukan,jadi kita tinggal menggali saja. Saat ini kita berada pada zaman Post Truth ( kebenaran relatif), jadi jika terima berita sebelumnya kita harus benar – benar melakukan crosscek, sampai dimana kebenarannya. Budaya kan banyak membaca ( literasi ) supaya pandai bicara dan gampang menyakinkan orang.

“Sekolah tidak bisa menjamin kita menjadi apapun, tetapi Sekolah memberikan bekal untuk kita sehingga bisa menjadi apapun.
Kita harus punya semangat, komitmen dan pendirian yg kuat”, tandas Kapolres.

Kacabdis Diknas UPT Sei Rampah, Mhd. Syafii SPd. MPd menekankan keoada seluruh siswa, agar kita semua dapat mengamalkan yang disampaikan oleh Kapolres Sergai.

Kita tidak boleh lepas dari Doa, berbuatlah baik maka akan ada tangan – tangan yang membantu kita, kembangkan hebitus yang baik dalam kegiatan sehari-hari,” kata Kacabdis.

Turut hadir, Kasat Binmas,,Iptu R. Panjaitan, SH, Kasi Humas,Iptu Djunaidi Arman, KBO Sat Binmas, Ipda P. Tarigan, beserta personil Sat Binmas.Kanit Dikyasa Sat Lantas,Aiptu Hendra, Ka SMA Swasta Yayasan Perguruan R. A. Kartini Sei Rampah,Hendri Sihotang. (Eb)