Ribuan Penari Jaranan Ramaikan HUT Kota Kediri ke 1137

  • Whatsapp
Foto: tarian penutupan acara HUT Kota Kediri ke 1137. (ist)

TARI Jawa ikut meramaikan HUT Kota Kediri ke 1137, kebudayaan tarian tersebut diantaranya topeng Panji yang dilakukan beberapa waktu lalu dan saat ini 1.137 penari jaranan tampil kolosal dalam pagelaran Romansa Kediriku yang digelar di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Rabu malam (10/8/2016).

Foto: tarian penutupan acara  HUT Kota Kediri ke 1137. (ist)
Foto: tarian penutupan acara HUT Kota Kediri ke 1137. (ist)

Beberapa kebudayaan kesenian sempat menjadi perhatian wisatawan manca untuk melihat acara tersebut dan menjadi bagian penelitian bagi Mahasiswi Manca yang sedang melakukan penelitian sejarah di kediri.

Muat Lebih

Ribuan penari kolosal jaranan yang tampil bareng mengisahkan cerita Dewi Songgolangit. Para penari tampil atraktif dihadapan ribuan pengunjung yang memadati Stadion Brawijaya.

Penampilan penari jaranan ini diawali tampilnya para sesepuh Bopo penggambuh. Selanjutnya penampilan prajurit yang membawa bendera serta diteruskan penampilan penari barong.Pesta kembang api warna warni mewarnai penampilan ribuan penari jaranan kolosal.

Romansa Kedirinya juga menampilkan produk unggulan dan UMKM Kota Kediri. Hadir juga produk kreatif dari daerah lain yang diundang menggelar stan pameran.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar menyebutkan penampilan kesenian jaranan kolosal untuk menyemarakkan acara HUT Kota Kediri ke 1.137.

Pada acara ini juga menampilkan pameran produk kreatif dan unggulan Kota Kediri dan dari daerah lain. Di antaranya Kabupaten Pacitan, Pasuruan, Gorontalo, Makasar dan Bantaeng. (gm/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *