Musyawarah Besar Perkos di Hadiri Para Pejabat

oleh -65 views

DOMPU – Dalam menjaga eksistensi dan keberlangsungan roda organisasi, komunitas Persahabatan Kompak Selalu (Perkos) menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) di aula Desa Daha, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Senin, (22/06/2020). Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 ini, diawali pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari pejabat terkait.

Adapun untuk Mubes kali ini, Perkos mengangkat tema “Mewujudkan pemimpin yang solid dan bertanggung jawab untuk kemajuan Perkos kecamatan Hu’u” dan dihadiri pula oleh anggota DPRD Kabupaten Dompu dapil Kecamatan Hu’u-Pajo Iskandar, S. Pd, Camat Hu’u, Sekcam Hu’u, Polsek Hu’u, Kades Daha, serta beberapa komunitas dan organisasi di seluruh desa se-kecamatan Hu’u.

Dalam sambutan awal disampaikan Fadli, selaku Kepala Desa Daha. Dalam sambutannya, Fadli, memberikan apreasiasi bisa menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan Mubes Perkos. Kemudian beliau menekankan agar Perkos tetap konsisten dengan ide awal agar mampu menciptakan kecamatan Hu’u yang damai dan aman.
“Upayakan Perkos dan komunitas lain termasuk Karang Taruna bisa menjalin kerja sama yang baik” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Iskandar, S. Pd selaku anggota dewan yang turut hadir, menuturkan pentingnya kekompakan serta memperkokoh hubungan antara satu sama lain. Beliau menaruh harapan agar generasi berikutnya bisa diguguh, ditiru dan dicontohi.
“Jaga persatuan dan kekompakan, agar generasi ini dapat berguna di masa mendatang” Pungkasnya.

Sambutan berikutnya juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan, Wahdin, S. Sos. Di awal sambutannya, Wahdin melihat suatu ironi dikalangan anak muda beberapa tahun belakangan ini di kecamatan Hu’u, dimana rentan terjadi beberapa kasus bunuh diri. Dengan demikian beliau mengharapkan terbentuknya satgas Narkoba untuk meminimalisir kejadian-kejadian tersebut.
“Upayakan kegiatan semacam ini tidak hanya euforia saja tetapi harus berkelanjutan” Pungkasnya mengakhiri sambutan.

Kemudian, Zuharis, selaku Polsek Hu’u, merasa bangga dengan adanya komunitas seperti Perkos. Dalam penuturannya, beliau menginformasikan kalau ada kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkos dan komunitas lain diharapkan melibatkan pihak kepolisian. Menurutnya, pihak kepolisian akan selalu siap memberikan kontribusi dan sumbangsih bagi kemaslahatan bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Zuharis, juga mengajak anak-anak muda agar menjadi pelopor dalam menjaga keamanan, termasuk melaporkan jika ada pihak-pihak yang melakukan penggunaan barang-barang terlarang seperti alkohol, ganja dan lain-lain.
“Saya bangga, dan ada yang bisa saya ajak kerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Namun perlu di data dengan baik seluruh anggotanya” Harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Muhtar S. Sos, selaku camat Hu’u yang membuka secara resmi kegiatan Mubes Perkos. Dalam sambutannya, mendukung penuh keberadaan Perkos sebagai suatu komunitas, jangan hanya sekedar menjadi bahan pembicaraan, tapi mampu menunjukkan eksistensinya dengan bukti-bukti nyata. Kemudian beliau memberi motivasi kepada pemuda agar tidak patah semangat dan tidak putus asa, serta harus lebih semangat dalam menjalani hidup.

Lebih lanjut, kemudian beliau menegaskan, harapannya dengan keberadaan Perkos bisa menjembatani generasi muda, sehingga kasus-kasus perkelahian, minuman-minuman keras kiranya bisa dihindari oleh generasi muda.
“Kami mendukung keberadaan Perkos dan bisa dimanfaatkan kearah yang baik, bukan kearah yang buruk”. Tegasnya.

Aswa selaku ketua Perkos menuturkan bahwa, Mubes ini diadakan untuk mewujudkan diri bahwa kita ada untuk pemerintah kecamatan Hu’u. Kemudian keberadaan Perkos, akan selalu berkomitmen dalam memberikan kontribusi dan yang paling utama adalah tidak di anggap musuh oleh pemerintahan.

Selain itu, Aswa menegaskan juga bahwa, lewat Mubes ini Perkos ingin menawarkan persaudaraan dan menjalin silaturahmi dengan remaja dan pemuda (i) yang ada di tiap desa se-kecamatan Hu’u.
“Lewat komunitas ini, kami sekaligus mengajak untuk sama-sama membantu dan membangun tanah kelahiran”, harapnya.(raden’t)