Meriah! Hari Tari Se-Dunia di Anjungan Sumut TMII

oleh -1,276 views
Foto: Anjungan Sumut ikut ramaikanm Hari tari Se-Dunia. (ist)

MERIAH itulah terkesan saat Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyambut Hari tari sedunia jatuh pada tanggal 29 April 2016 yang lalu. Sedikitmya, 300 penari tumpah ruah di halaman Anjungan Sumut. Baik kakak-kanak sampai tua rentah pun ikut menari bersama membuat susana pun semkain semarak.

Foto: Anjungan Sumut ikut ramaikanm Hari tari Se-Dunia. (ist)
Foto: Anjungan Sumut ikut ramaikanm Hari tari Se-Dunia. (ist)

“Kita bangga melihat generasi muda yang masih suka dengan tari tardisi kita. Dengan menyambut Hari Tari Se-Dunia ini, anak-anak diperkenalan bahwa begitu kayaknya negeri ini dengan bentu tarian,” kata Kerua Anjungan Sumut, Tatan Daniel, saat dihubungi, Senin (2/5/2016).

Dalam acara ini, sedikitnya 26 sanggar tari ikut ambil bagian.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk melahirkan seniman seniman tari agar dapat melestarikan kebudayaan Indonesia,” beber Tatan Daniel.

Untuk diketahui, World Dance Day (International Dance Day) merupakan peringatan Hari Tari Internasional yang dirayakan setiap tanggal 29 April setiap tahunnya. Pertama kali diperkenalkan oleh International Dance Council (CID, Conseil International de la Danse), sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mitra UNESCO, pada tahun 1982 lalu.

Tujuan utama diselenggarakannya kegiatan World Dance Day ini adalah untuk menarik perhatian masyarakat yang lebih luas, khususnya publik baru untuk dapat mengenal dan lebih dekat dengan seni tari. Selain itu World Dance Day dapat dijadikan sebagai ajang perayaan untuk melintasi berbagai rintangan politik, budaya dan etnis serta membawa seluruh bangsa dunia kepada satu bahasa yang sama yaitu tari. CID menganggap sebagian besar instansi resmi di dunia kurang memprioritaskan kegiatan seni tari, padahal seni tari telah menjadi bagian yang integral dari budaya manusia sepanjang sejarahnya. (sofi saca/gr)