Exotic Taste of Indonesia di Amsterdam

Foto: Taste of Amsterdam. (ist)

AMSTERDAM – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya sebagai upaya untuk mempromosikan kuliner dan kebudayaan Indonesia, tahun 2019 ini Indonesia berpartisipasi kembali pada Taste of Amsterdam yang diselenggarakan pada tanggal 31 Mei sampai dengan 3 Juni 2019.

Taste of Amsterdam sendiri merupakan acara festival makanan yang diselenggarakan tiap tahun selama 4 hari pada saat musim panas di kota Amsterdam tepatnya di Amstelpark. Setiap tahunnya penyelenggaraan Taste of Amsterdam dihadiri rata-rata tidak kurang dari 50 ribu pengunjung dengan dominasi pengunjung kelompok usia relatif muda yaitu 25-35 tahun dengan latar belakang pengusaha, sektor swasta, pemerhati makanan dan masyarakat umum, di mana selebihnya adalah kelompok pencinta kuliner dari berbagai negara.

Bacaan Lainnya

Festival makanan ini menggabungkan para juru masak terkenal dari restoran-restoran terbaik di Belanda untuk memasak hidangan khas mereka yang nantinya akan dijual dalam bentuk sample. Acara ini bertujuan untuk menginspirasi pengunjung di berbagai tingkatan dengan makanan yang lezat dan suasana yang diikuti oleh suara musik jazz dan soul music.

Di samping tujuannya yaitu untuk festival kuliner, Taste of Amsterdam juga menampilkan program yang berbeda setiap tahunnya.

Tahun ini Taste of Amsterdam sudah menyiapkan banyak acara atau workshop seperti NEFF Chef’s Table, di mana pengunjung akan menyaksikan para juru masak ternama memasak langsung di hadapan pengunjung, yang hanya dapat dinikmati oleh 30 orang per-sesi.

Selain itu, para pengunjung disuguhkan pula berbagai acara seperti NEFF Chef’s Theater, Cooking School, NEFF Children’s Kitchen dan Dylan’s DIY dessert.

Susana Festival Taste of Amsterdam. (ist)

Pada Festival Taste of Amsterdam tahun ini KBRI Den Haag kembali bekerja sama dengan Ron Gastrobar Indonesia, dan Bankitwangi untuk menampilkan berbagai menu khas Nusantara dan aneka minuman tradisional Indonesia.

Ron Gastrobar Indonesia menampilkan juru masak Indonesia yaitu Agus Hermawan, yang merupakan Duta Kuliner Indonesia di Belanda dan teh Bankitwangi yang disajikan oleh InterAromat BV. Pada Taste of Amsterdam tahun ini Indonesia akan menampilkan 4 jenis masakan yaitu, Taco Ayam Besisit Bali, Ikan Kemiri, Oseng Domba Kecap, dan BBQ Sate Ayam. Menu tersebut dipadukan dengan 4 jenis teh Indonesia dengan aroma Limoncello, Enliven, Pandanus Tea, dan Downtown.

Taste of Amsterdam sendiri berada di bawah naungan perusahaan yaitu Taste Festivals yang merupakan perusahaan yang menyelenggarakan serangkaian festival makanan di seluruh dunia.

Acara yang diselenggarakan oleh Taste Festivals ini menampilkan dapur mini dari berbagai restoran, serta demonstrasi langsung dari juru masak.

Acara tersebut memiliki mata uang mereka sendiri yang disebut “Crown” yang digunakan untuk membeli makanan dari dapur restoran. Penghargaan Best in Taste diberikan oleh masing-masing festival ke restoran yang menyajikan hidangan terbaik di setiap acara.

Taste Festivals pertama diluncurkan pada tahun 2004 yaitu dengan nama Taste of London. Acara ini mendapatkan penghargan Best Consumer Show at the 2012 Exhibition News Awards 2012. Di Belanda sendiri Taste Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011 yaitu dengan nama Taste of Amsterdam. (yusuf/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *