Nyadran Tradisi Budaya Nelayan Memiliki Kearifan Lokal

NELAYAN biasa melaksanakan kegiatan melaut itu harus ada “basa-basi” kepada laut. Artinya Allah SWT menciptakan dunia ini dengan berbagai macam isinya, termasuk manusia di darat, makhluk hidup yang di laut, makhluk-makhluk lain yang tidak keliatan/ghoib itu ada. Jadi paling tidak kita sebagai manusia telah diajarkan tata krama, mungkin tata krama kita seperti ini.

Nyadran Tradisi Budaya Nelayan2

Bacaan Lainnya

Demikian pernyataan Suaeb Mahbub, Koordinator Nelayan Marunda Kepu (09/08/2015) disela kegiatan “nyadran” sedekah laut masyarakat kampung nelayan Marunda Kepu, RT 008/07, Marunda, Jakarta Utara.

Dijelaskannya bahwa mungkin saja kalau kita mau masuk ke kampung/wilayah orang itu ada Presiden, ada Menteri, ada Gubernur, ada Bupati, ada Walikota, ada Camat, ada Lurah, ada RT, ada RW. Paling tidak kita harus melewati dan bahkan menghormati pos-pos tertentu.

“Dan itulah barangkali bahwa setiap kita mau jalan atau keluar kampung harus menghormati semua tetua kampung yang akan ditinggalkan, yaitu lingkungan sekitar kita dengan bebacaan tahlil, takbir, tahmid, memohon restu,” jelasnya.

Nyadran Tradisi Budaya Nelayan

Menurutnya bahwa “nyadran” itu berasal dari kata nazar, dan nazar itu suatu janji, serta janji itu adalah hutang, dan hutang itu harus dibayar. Jika nelayan itu berkah mereka mempunyai kewajiban menyelenggarakan sedekah laut atau biasa disebut “nyadran” dan suatu tradisi budaya nelayan dimana setiap pantai memiliki kearifan lokal yang biasanya dihormati pada setiap tempat penangkapan ikan.

“Jadi persoalannya disini kita melakukan adat dan tradisi nyadran yang merupakan sebuah kewajiban nelayan yang diucapkan sebelum memulai menangkap ikan,” ungkap Suaeb Mahbub yang juga sebagai Pemuda Pelopor Kebaharian Kemenegpora RI dengan tegas.

Ditambahkannya bahwa Allah SWT menciptakan alam ini dengan berbagai macam makhluk yang nyata maupun yang tidak kelihatan atau yang disebut makhluk alam ghoib. Disetiap sudut, ruang Allah menciptakan makhluk-makhluk dengan jumlah jutaan bahkan trilyunan. Wallahua’lam bisshowab, hanya Allah yang mengetahui. Jadi “nyadran” ini merupakan adat dan kebiasaan atau biasa disebut tata krama.

Nyadran Tradisi Budaya Nelayan1

“Seperti itulah adat tradisi dan tata krama nelayan di Kampung Nelayan Marunda Kepu yang sangat menghargai dan menghormati nilai-nilai budaya kearifan lokal,” imbuhnya. (ziz/gr)

Teks foto: Kegiatan “nyadran” sedekah laut masyarakat kampung nelayan Marunda Kepu (ziz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *