Satgas : Sumut Kembali Masuki Bebas Zona Merah Covid-19

oleh -723 views

Zona merah Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini nol. Hal itu diketahui setelah Padangsidimpuan menjadi zona kuning (risiko rendah) dan Medan kembali ke zona orange (risiko sedang).

Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa seluruh daerah di provinsi itu telah terbebas dari status zona merah atau risiko tinggi terhadap penularan virus corona. Kondisi tersebut dikutip dari situs resmi Satgas Penanganan Covid-19 di covid19.go.id di Medan, Rabu (7/7/2021), berdasarkan data hingga 7 Juli 2021. Dua daerah yang sebelumnya zona merah yakni Kota Medan kini kembali ke zona oranye (risiko sedang) dan Padangsidimpuan menjadi zona kuning atau risiko rendah.

Lonjakan justru terjadi pada zona kuning dari sebelumnya hanya 16 daerah menjadi 21. Daerah itu yakni, Pakpak Bharat, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Tapteng, dan Toba. Penetapan status zonasi risiko Covid-19 itu sendiri, dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah per tanggal 4 Juli 2021. Seperti diketahui, peta zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat, berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Selanjutnya, untuk daerah yang masuk kategori zona hijau jumlahnya masih tetap bertahan pada 7 daerah, yakni Samosir, Nias Barat, Nias, Paluta, Humbang Hasundutan, Nias Utara dan Nias Selatan. (ima)

The following two tabs change content below.