Masih Berdebu, Tangkuban Parahu Batal Dibuka Hari Ini

  • Whatsapp
Foto: Kawa Tangkuban Perahu. (ist)

BANDUNG BARAT – Rencana pembukaan kembali tempat wisata Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu dibatalkan hari ini, Senin (29/7/2019). Sebab, abu vulkanik Kawah Ratu belum semua bisa dibersihkan oleh pengelola.

“Artinya keputusan pembukaan itu baru nanti sore, karena kami manajemen mencoba menyelesaikan jam 01.00 malam, ternyata belum selesai karena anggota banyak yang kewalahan,” ujar Direktur Utama Graha Rani Putra Persada (GRPP), Putra Kaban, Senin (29/7/2019).

Menurut Kaban, ia tak tak mau memforsir tenaga para petugas. “Sisi kemanusiaan saja, kita tidak boleh egois, kalau sudah bersih kita akan buka lagi,” ucapnya.

Kaban mengklaim, saat ini hampir 90 persen area wisata Kawah Ratu dibersihkan. Kemarin (28/7/2019), ujar Kaban, pihaknya menghabiskan 40 tangki air yang dipancarkan tiga unit Damkar Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Kita kesulitan air, kita juga beli air dari pihak swasta. Saat ini, teman-teman pedagang juga mulai membersihkan kios,” katanya.

Gunung Tangkuban Parahu sendiri masih menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada Senin (29/7/2019). Dari pemantauan seismograf, masih terjadi tremor atau getaran dengan kekuatan 0,5 sampai 1 amplitudo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat pun melarang warga dan wisatawan mendekat ke Kawah Ratu, Gunung Tangkuban Parahu.

“Masyarakat di sekitar, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata diminta tidak mendekat ke puncak Gunung Tangkuban Parahu pada radius 500 meter dari bibir Kawah Ratu,” ujar Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu , Senin (29/7/2019).

Meski terlihat aktivitas vulkaniknya, namun status Gunung Tangkuban Parahu masih dalam status normal. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *