Lombok Utara Gelar Pekan Apresiasi Budaya

  • Whatsapp
Ilustrasi: Gendang Belik Budaya Kabupatan Lombok Utara. (ist)

MATARAM – Pekan Apresiasi Budaya, PAB tahun 2019 digelar di Lapangan Tioq Tata Tunaq Tanjung, Lombok Utara, NTB.

Kegiatan ini bentuk apresiasi dan sebagai ruang ekspresi kebudayaan berbagai pranata dan institusi budaya yang ada di bumi Tioq Tata Tunaq.

Acara gelaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini bertjuan menosialisasikan beragam norma dan kearifan lokal dengan pengumpulan nilai atau pengumpulan sikap tertentu agar terbentuk menjadi kepribadian yang utuh yang ada di masyarakat.

Bupati Lombok Uyara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH menyampaikan, kegiatan PAB untuk melestarikan secara turun temurun budaya yang ada di kalangan masyarakat adat dan di kalangan masyarakat pada umumnya.

“Inilah kekhasan Lombok Utara yang kaya akan pranata budaya. Kegiatan seperti ini kita jadikan momentum kembali meneradisikan adat dan budaya kita serta melaksanakan norma-norma yang ada di Lombok Utara,” tutur bupati, Rabu (14/8/2019).

Ia menjelaskan, berbagai atraksi prosesi maulid adat, prosesi khitanan, prosesi pengantenan. Kesemuanya menunjukkan bahwa budaya memuliakan manusia, dan memanusiakan manusia.

“Segala hidup dan kehidupan masyarakat, tentu mempunyai nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Itulah nilai adat dan budaya,” katanya. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *