Dinas Lingkungan Hidup Dairi Lakukan Kebersihan di Pusat Pasar Sidikalang

oleh -189 views
Dinas Lingkungan Hidup Dairi Lakukan Kebersihan di Pusat Pasar Sidikalang

SIDIKALANG – Mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi bersama petugas PD Pasar dan UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Dairi melakukan kebersihan disekitar pusat pasar Sidikalang, Jumat (1/5/2020).

Kegiatan kebersihan  yang dimulai sejak pagi pukul 08.30-11.30 WIB dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi, Amper Nainggolan dengan mengerahkan petugas dari Lingkungan hidup sebanyak 16 orang, UPT Damkar 16 orang dan dibantu petugas PD Pasar. Sedangkan untuk peralatan yang dugunakan, yakni 2 Betor, 2 truk sampah PD Pasar dan 1 truk milik Dinas Lingkunga Hidup.

“Kebersihan kami mulai dari sekitar pelataran parkir eks terminal, agar bisa dipergunakan besok hari pekan untuk berjualan para pedagang,” kata Amper didampingi Kepala UPT Damkar dan perwkilan PD Pasar Ranap Tampubolon dan  Thomson Simanullang Kasubdiv kebersihan.

Disebutkan Amper, selain membersihkan sampah, juga melakukan penyemprotan desinfektan yang diberikan oleh tim gugus tugas dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pada ruang udara.

“Penyemprotan desinfektan menggunakan mobil Damkar dimulai dari Jalan sekolah, Jalan Klasen, Jalan Pakpak, Jalan Dairi, Jalan HKBP 2, Jalan Damai Gang Soalagogo,” sebut Amper.

Lebih lanjut Amper mengatakan, untuk lokasi pusat pasar juga dilakukan penyemprotan desinfektan rutin sehari sebelum hari pekan, agar lokasi pusat pasar steril dan aman digunakan untuk berdagang.

“Untuk hari ini penyemprotan akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB setelah jam operasional pasar tutup,” ujar Amper.

Amper juga mengimbau, kepada seluruh pedagang dan pembeli agar menerapkan physical distancing, memakai masker serta mencuci tangan dengan sabun secara rutin di tempat yang sudah disediakan pada setiap pintu gerbang pasar.

“Bagi pengunjung dan pembeli yang datang ke pusat pasar Sidikalang menggunakan kendaraan, dimohon parkir di tempat yang disediakan dan menerapkan tertib lalulintas,” himbaunya.

Terkait penyemprotan yang dilakukan sekitar pusat pasar sidikalang jelang hari ‘onan’ esok, Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan agar warga yang datang ke pusat pasar agar tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Saya berpesar kepada masyarakat kita agar kiranya tetap jaga kebersihan, lakukan pola hidup sehat, hindari keramaian dan kerumunan serta selalu gunakan masker. Trend penyeberan Covid-19 sudah mulai menurun khususnya di Dairi, namun demikian kita jangan lengah dan tetap waspada,” pungkas Eddy Berutu. (red)