Satgas Pamtas Pos Caruk Lakukan Patroli Patok Batas Negara, Pastikan Kedaulatan NKRI Di Wilayah Perbatasan RI-PNG Aman

oleh -2 views

Merauke – Sebagai Satgas Pamtas Yonif 726/Tml rutin melaksanakan pengecekan kondisi letak patok batas negara di wilayah Perbatasan RI-PNG, Jumat (23/02/2024).

Kali ini personel Pos Caruk yang merencanakan patroli patok type B dengan estimasi jarak kurang lebih 12 Km dibawah pimpinan Serda Rivaldi Husain dengan tujuan tak lain untuk memastikan patok batas Negara Republik Indonesia tidak bergeser, hilang ataupun dalam kondisi rusak.

Patroli patok ini ditempuh dengan medan yang bervariasi yakni melewati kondisi semak belukar dan rawa hingga melewati sungai yang memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam perjalanan sampai kembali ke Pos Caruk seluruh lersonel harus memiliki kesiapan mental dan fisik serta harus mengutamakan faktor kewaspadaan.

Berhasil dan tidaknya pelaksanaan patroli patok dapat diukur dari ditemukannya patok batas yang menjadi target dan keselamatan seluruh personil dan materiil kembali dalam keadaan aman dan lengkap.

Patroli patok ini bertujuan untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara benar adanya, karena hal itu membuktikan bahwa kedaulatan Negara Kesatuan Indonesia yang berbatasan dengan PNG masih dalam keadaan aman.