Latihan Bersama ASEX 01 Natuna Bertajuk Asean Solidity

Jakarta- Asops Panglima TNI Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menutup secara resmi Final Planning Conference (FPC), Asean Solidarity Exercise (Asex) 01-Natuna dengan tema Promoting Regional Peace and Stability Through ASEAN Military Cooperation, di Hotel Best Western Cawang Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan FPC yang mengkhususkan koordinasi antara TNI dengan delegasi Negara Asean, dalam penyamaan persepsi untuk keberhasilan pelaksanaan latihan, telah dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 15 Agustus 2023. Negara perwakilan Tentara Negara Asean yang hadir pada pelaksanaan FPC ini adalah delegasi Thailand, Singapore, Vietnam, Timor Leste. Sedangkan negara yang ikut join virtual adalah delegasi Brunei, Lao PDR, Malaysia dan Filipina.

Asex-01 tahun 2023 merupakan latihan kombinasi asean, yang melibatkan elemen militer & sipil dari negara-negara Asean, yang pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator, dan direncanakan dilaksanakan di natuna Provinsi Kepri Indonesia. Latihan bersama ini, menitikberatkan pada latihan keamanan maritim, HADR (Humanitarian Assistance and Disaster Relief), SAR (Search and Rescue) dan CIMIC (Civil-Military Cooperation).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *