Jelang HUT Ke-18 Bakamla RI, Gelar Doa Bersama

oleh -7 views

Jakarta – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. memimpin doa bersama menjelang acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Bakamla RI. Doa bersama bertempat di Masjid Nurul Iman bagi personel yang beragama Islam, dan Ruang Ibadah bagi personel yang beragama Kristen. Kegiatan terpusat di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).

Namun demikian, doa bersama juga dilakukan secara serentak di kantor-kantor Bakamla RI di seluruh Indonesia. Terdiri dari Kantor Zona, Stasiun, Pangkalan, dan Kapal Negara Bakamla RI. Kegiatan doa bersama ini merupakan tradisi menjelang HUT Bakamla RI.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2005 Tentang Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yang menjadi dasar hukum dan menjadi awal lahirnya Bakorkamla. Saat itu, Bakorkamla diketuai oleh Menko Polhukam, dengan pejabat tertinggi yaitu Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) yang dijabat oleh Sesmenko Polhukam.

Pada tahun 2014, pemerintah kemudian mengesahkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan. Dengan demikian, Bakorkamla resmi berganti nama menjadi Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI). Hal ini diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 178 Tahun 2014 tentang Bakamla RI oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo pada tanggal 8 Desember 2014.

Sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia, dalam sambutan Presiden Joko Widodo pada Hari Nusantara tanggal 13 Desember 2014, mengatakan bahwa “Telah dimulai era baru, efisiensi dengan komando tunggal yang didukung sistem peringatan dini dan unit penindakan hukum”. (Humas Bakamla RI)