Ini Burung yang Terbang Nonstop 13 Ribu Km Lebih

Burung bar-tailed godwit atau biru laut ekor blorok (Limosa lapponica) berhasil memecahkan rekor dengan melakukan penerbangan migrasi nonstop terpanjang yang pernah diukur sejauh 13.560 km dari Alaska, Amerika Serikat (AS), ke Teluk Ansons di Tasmania, Australia, atau setara terbang dari Jakarta, Indonesia, ke California, AS, tanpa henti.

Pengembaraan ini tak hanya menunjukkan kemampuan burung yang cukup mengejutkan, tetapi juga memberi ilmuwan kesempatan menyoroti ancaman terhadap kelangsungan hidup burung penjelajah.

Burung biru laut ekor blorok adalah salah satu dari ratusan spesies burung yang berkembang biak selama musim panas di Alaska, sebelum akhirnya bermigrasi di musim dingin yang mematikan. Beberapa di antaranya pergi ke daerah tropis, sementara yang lain biasanya pergi ke Australia atau Selandia Baru.

Untuk melacak pergerakan burung, para peneliti menempelkan alat tag GPS satelit seberat 5 gram pada bagian kaki godwit. Burung kemudian dipantau menggunakan pelacak satelit oleh para peneliti dari Max Planck Institute yang bekerjasama dengan Massey University di Selandia Baru, China’s Fudan University, Global Flyway Network, dan Pūkorokoro Miranda Naturalists Trust.

Perjalanan pergi-pulang burung biru laut ekor blorok dari Alaska ke Selanda Baru ini telah dipantau selama bertahun-tahun. Tahun 2020, bar-tailed godwit memecahkan rekor melakukan perjalanan sejauh 13.050 km.

Sementara awal tahun 2022, rekor penerbangan tanpa henti dicetak oleh burung biru laut ekor blorok muda berusia 4 bulan bernama B6 yang lahir di musim semi Alaska.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *