Babinsa Koramil 1710-02/Timika Dampingi Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Penyemprotan Pestisida Ke Rumah Warga

oleh -2 views

Timika, gapuranews.com – Kabupaten Mimika merupakan salah satu wilayah yang menyandang kategori endemis malaria yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan faktor cuaca yang sulit diprediksi menjadi salah satu penyebab utama merebaknya malaria di wilayah ini, meski musim hujan diperkirakan berlangsung beberapa bulan, terkadang panas menyengat bisa menyelimuti Mimika. Hal ini membuat tubuh masyarakat lebih rentan terkena malaria.

Hal inilah yang menggugah para Babinsa dari Koramil 1710-02/Timika untuk selalu berupaya membantu warga binaannya agar tidak terjangkit malaria dengan rutin memberikan himbauan kepada warga untuk selalu mematuhi pola hidup sehat maupun dengan melaksanakan pendampingan petugas kesehatan dalam kegiatan penyemprotan cairan Pestisida ke rumah warga, Minggu (14/01/2024).

Melalui Binternya kali ini, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Koptu Irayan Fareb mendampingi petugas kesehatan dalam penyemprotan Pestisida ke rumah warga di Kp. Nawaripi Dalam, Distrik Wania Kab. Mimika. Koptu Irayan Fareb mengatakan bahwa penyemprotan Pestisida ini bertujuan untuk membunuh bibit nyamuk Anopheles yang dilaksanakan secara rutin 6 bulan sekali, pada kesempatan tersebut Ia juga mengajak warga untuk senantiasa mematuhi pola hidup bersih dan sehat.

“Kita tahu bahwa nyamuk Anopheles sebagai pembawa bibit malaria itu suka bersarang di tempat-tempat kotor, oleh sebab itu selain di semprot Icon, kita juga harus rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar,”ujarnya. (Pen Kodim 1710/Mimika)