Yogyakarta Festival Gamelan (YFG) ke-21 Hari Ini

  • Whatsapp
Foto ilustrasi: Yogya Gamelan Festival (ist)

PUSAT Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri Universitas Gadjah Mada (PKKH UGM) menjadi tempat digelarnya ajang Yogyakarta Festival Gamelan (YFG) ke-21, pada Jumat (22/7/2016) hingga Minggu (24/7/2016).

Foto ilustrasi: Yogya Gamelan Festival (ist)
Foto ilustrasi: Yogya Gamelan Festival (ist)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, YFG tahun ini juga melibatkan pemain gamelan dari mancanegara.

Muat Lebih

General Manager YFG Setyaji Dewantoro mengatakan meskipun kegiatan tersebut berlangsung selama 20 tahun lamanya, YFG sampai saat ini mampu menjalin komunikasi dan tukar pikiran di antara pemain dan penikmat gamelan. Kondisi tersebut membuktikan, YFG cukup memberikan daya pikat bagi masyarakat di era globalisasi dalam interaksi budaya.

“YFG mampu menjadi media untuk transformasi budaya. YFG bahkan mampu mengubah mind set generasi muda terhadap budaya bangsa yang selama ini dianggap tertinggal alias kuno,” ucapnya.

Selain menampilkan kreasi gamelan, selama kegiatan berlangsung para gamelan lovers juga diberikan workshop yang diisi oleh para pemateri yang handal. Seperti Iwan Raditya, seniman dan juga musisi dengan instrumen unik gergaji musik. Adapula Wahono Simbah, pengajar tembang Jawa yang sudah tersohor.

“Selama YFG berlangsung, kami juga menyediakan pameran seni gamelan dan stand kuliner dengan menu tradisional,” ujarnya. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *