UGM Klarifikasi Ijazah S1 Joko Widodo

oleh -31 views

Universitas Gadjah Mada menggelar konferensi pers untuk menjawab isu soal ijazah S1 Jokowi yang diragukan keasliannya alias palsu. Isu ijazah Jokowi palsu ini mencuat di media sosial.

Rektor UGM Prof Ova Emilia menjelaskan bahwa ijazah Jokowi itu asli. Jokowi alumni Prodi S1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, angkatan tahun 1980.

“Bapak Insinyur Joko Widodo dinyatakan lulus UGM 1985 sesuai ketentuan dan bukti kelulusan berdasarkan dokumen yang kami miliki,” kata Ova dalam jumpa pers untuk menjawab isu soal ijazah S1 Jokowi yang disebut palsu di UGM, Selasa (11/10).

“Kami meyakini keaslian ijazah sarjana Insinyur Joko Widodo dan yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga digugat secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat oleh warga Blora bernama Bambang Tri Mulyono terkait ijazah. Namun, bukan ijazah sarjana, melainkan ijazah SD, SMP, dan SMA.

Gugatan tersebut berisikan dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Jokowi atas kepemilikan ijazah palsu.

Dikutip dari SIPP PN Jakarta Pusat, gugatan kepada Jokowi tersebut teregister dengan nomor perkara 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. Gugatan didaftarkan pada Senin, 3 Oktober 2022.

“Menyatakan Tergugat I (Jokowi) telah melakukan perbuatan melawan hukum berupa berupa membuat keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah (bukti kelulusan) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atas nama Joko Widodo,” begitu petitum gugatan Bambang Tri.