,

Telah Dibuka Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka 11 April, Ini Cara, Syaratnya

oleh -1,867 views
Kartu Pra-Kerja

JAKARTA – Pemerintah resmi membuka pendaftaran kartu prakerja secara online. Calon peserta bisa mengakses langsung di www.prakerja.go.id.

“Pada malam hari ini, hari Sabtu kami akan mengumumkan pembukaan pendaftaran program kartu prakerja melalui sistem resmi program kartu prakerja,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto lewat video conference, Sabtu (11/4/2020).

Pendaftaran kartu prakerja, kata Airlangga, bisa diakses secara online selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang pertama dibuka sekarang hingga Kamis (16/4/2020).

Mereka yang bisa mengikuti program itu harus memenuhi persyaratan. Pertama, calon peserta harus WNI dengan usia 18 tahun ke atas. Kedua, tidak dalam masa sekolah atau kuliah atau yang belum sedang mendapatkan pekerjaan.

“Kami juga mengajak kepada para pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan, dan para pelaku UMKM yang tutup usaha karena dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kartu Prakerja sendiri telah dirilis pada 20 Maret 2020. Pendaftaran program tersebut rencananya akan dimulai pada pekan kedua April 2020, sebagai salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Anggaran yang telah disiapkan untuk pelaksanaan Program Kartu Prakerja yakni sebesar Rp 20 triliun. Diharapkan program tersebut juga dapat membantu daya beli pekerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan mata pencaharian. (red)