Telaga Ngebel Ponorogo, Penuh Eksotik Untuk Memancing di Sana!

oleh -1.342 views
Foto: Telaga Ngebel Ponorogo. (ar)

LERENG Gunung Wilis, Jawa Timur menawarkan sejuta pesona bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu keindahan itu adalah Telaga Ngebel Ponorogo. Ia terletak di lereng Gunung Wilis dan menawarkan pesona wisata air yang indah, alami, serta sangat sejuk dan nyaman untuk dikunjungi.

Foto: Telaga Ngebel Ponorogo. (ar)
Foto: Telaga Ngebel Ponorogo. (ar)

Masih banyak ditemui pohon raksasa yang tumbuh disepanjang jalan yang melingkari telaga, namun sayang akses jalan menuju lokasi objek wisata tersebut kurang lebar sehingga jumlah pengunjung lokasi wisata ini tak sebanyak telaga Sarangan yang berada di Kabupaten Magetan, padahal jika dibandingkan dengan telaga sarangan, telaga Ngebel jauh lebih indah, lebih asri dan eksotik dan masih alami.

Telaga Ngebel merupakan satu-satunya aset wisata air yang memiliki sejuta pesona keindahan dan legenda di kota Reog. Letaknya hanya sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Ponorogo. Kedalaman Telaga Ngebel ini mencapai sekitar 743 meter dengan luas mencapai 5 hektar lebih.

Selain menawarkan keindahan dan kesejukan, ternyata Telaga Ngebel mempunyai keeratan dengan legenda sayembara Joko Baru Klinting. Warga Ponorogo meyakini, bahwa awal terciptanya telaga bermula dari sayembara seorang pengemis bernama Joko Baru Klinting.

Lantaran sering dihina warga, Joko Baru Klinting menggelar sayembara dengan menancapkan sebatang lidi ditengah Desa Ngebel, namun tidak ada satupun warga yang bisa mencabut lidi yang tertancap tersebut, dan Joko Baru Klinting saja yang mampu mencabut batang lidi tersebut. Disaat dicabut inilah kemudian keluar air hingga menggenangi lembah tersebut dan terjadilah sebuah danau dilereng Gunung Wilis.

Telaga yang sudah dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung untuk menarik wisatawan, seperti dermaga dan perahu ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota seperti Surabaya, Jakarta dan Jogjakarta.

“Sangat bagus mas, sepertinya ini malah lebih bagus dari Telaga Sarangan. Apalagi ini masih sangat alami. Belum banyak bangunan disini. Saya sering kesini bersama keluarga, apalagi jika musim durian di bulan-bulan Januari,” ucap Sumarno, salah satu pengunjung yang mengaku dari Kediri ini sengaja mengajak keluarganya untuk menikmati keindahan Telaga Ngebel.

Foto: Telaga Ngebel Ponorogo (sr)
Foto: Telaga Ngebel Ponorogo (sr)

Selain menikmati wisata ciptaan Sang Khalik, berkunjung ke objek wisata alam ini juga mampu membuat fresh para pengunjung karena masih sangat alami.

Sementara itu, bagi pecinta wahana pancing, para pengunjung juga bisa memancing dengan leluasa memilih lokasi memancingnya dan yang pasti ikan yang ada di Telaga Ngebel rasanya lebih gurih karena proses pengembangbiakan dan makanan ikan di telaga ini alami.

“Asyik mas, disini saya bisa berjam-jam memancing disini, tenang, dan ikanya juga enak, karena makananya masih dari telaga ini sendiri,” ucap Fajar, pemancing yang berasal dari Jogjakarta ini. (ar/gr)