TdS 2019 Promosikan Pariwisata Sumbar dan Jambi

oleh -3,491 views
Foto: Peluncuran Tour de Singkarak (TdS) 2019. (ist)

JAKARTA – Tour de Singkarak (TdS) 2019 menjadi ajang yang diharapkan dapat mempromosikan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya seusai melaunching Wonderful Event Sumbar 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Rabu sore (14/8/2019), mengatakan TdS telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-11.

Penyelenggaraan TdS tahun ini semakin diperluas jangkauannya hingga 9 etape yang melintasi 16 kabupaten/kota Sumatera Barat (Sumbar) dan 2 kabupaten di Jambi.

“TdS merupakan sport tourism yang sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata. TdS 2019 tahun ini untuk mempromosikan pariwisata Sumbar dan Jambi,” katanya.

Penyelenggaraan TdS 2019 dengan hadiah total sebesar Rp2,3 miliar pada tahun ini akan berlangsung pada 2-10 November 2019 dengan menampilkan atraksi budaya, kuliner, dan olahraga.

Menpar Arief Yahya didampingi Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno pada kesempatan itu menjelaskan, event TdS mempunyai keunggulan sebagai event sport tourism balap sepeda internasional terbesar di Indonesia.

“TdS memiliki media value yang tinggi sehingga berdampak pada promosi dan pencitraan pada destinasi pariwisata Sumbar dan Jambi,” kata Arief Yahya.

Ia mengatakan, untuk mengoptimalkan media value harus dikuatkan strategi promosinya saat pre-post-on (POP) event masing-masing dengan alokasi anggaran sebesar 70 persen, 20 persen, dan 10 persen.

Gubernur H. Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar memiliki 49 event unggulan, 3 event di antaranya masuk dalam 100 Wonderful Event yang digelar sepanjang tahun ini di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Ketiga event unggulan tersebut Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Mingkabau.

Ketiga event ini masuk dalam 100 Wonderful Event dan akan menjadi magnet dalam menandatangkan wisatawan ke Sumbar pada tahun ini yang mentargetkan 58.447 wisatawan mancanegara (wisman) dan 8,4 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

“TdS 2019 merupakan event unggulan Sumbar. Tahun ini kita berkolaborasi dengan Provinsi Jambi. Dua kabupaten di Jambi yakni Kerinci dan Sungai Penuh akan dilalui. Ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Jambi,” kata H. Irwan Prayitno.

Ketiga event unggulan Sumbar yang masuk dalam 100 Wonder Event 2019 selain TdS 2019 juga Pasa Harau Art And Cultural Festival akan berlangsung di Kabupaten Lima Puluh Kota pada 16-18 Agustus 2019.

Dalam penyelenggaraan festival budaya ini akan ditampilkan antara lain Harau Performing Art, Harau Adventure Run (Harau Berjejaring), Pacu Jawi, serta Jelajah Harau/Mengejar Embun Lembah Harau.

Sementara itu penyelenggaraan event Festival Pesona Budaya Minangkabau akan berlangsung di Kabupaten Tanah Datar pada 4-7 Desember 2019.

Dalam festival budaya ini akan ditampilkan antara lain Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba, dan Pemecahan Rekor MURI untuk Pagelaran Telepong Pacik Terbanyak. (**/red)