‘Tarian Ahoi’ Semarakan Pawai Pembangunan di Medan

  • Whatsapp
Foto: Busana adat yang ada di Sumatera Utara dalam pawai pembangunan. (ist)

MEDAN – ‘Tarian Ahoi’ telah menjadi salah satu tarian khas Pemko Medan. Dalam pawai pembangunan sambut HUT RI ke-74, yang digelar oleh Pemrov Sumatera Utara, Pemko Medan menampilkan “Tarian Ahoi’ juga belasan mobil hias.

‘Tarian Ahoi’ ini diciptakan dengan mengadopsi beberapa tarian daerah yang ada di Sumatera Utara. Tarian ini diciptakan sedemikian rupa sehingga bisa ditarikan oleh anak-anak sampai orang tua.

Gerakannya pun sangat mudah. Tujuannya, Tari Ahoi bisa ditarikan oleh semua unsur dan kalangan,”ujarnya kepada wartawan.

Dasar lagu dan musik ‘Tarian Ahoi’ adalah lagu Melayu namun untuk membuat tarian yang lebih ramai dan mengundang semangat saat menarikannya. Aransemen musiknya mengkolaborasikan beberapa musik, lagu dari tarian Toba, Tapanuli selatan (Tapsel) dan Karo.

Pawai pembangunan dilepas dari depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan oleh Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Sumut Musa Rajeckshah bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi beserta unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, Sabtu (17/8/2019) siang.

Selain iring-iringan karnaval mobil hias, pawai pembangunan juga diisi dengan gerak jalan yang diikuti cukup banyak peserta. Antusiasme masyarakat melihat pawai pembangunan sangat tinggi, tanpa menghiraukan cuaca siang itu yang sangat terik, mereka bersama anggota keluarga dnegan setia menunggu pawai pembangunan dilepas.

Sebelum pelepasan, acara dimulai dengan laporan yang disampaikan Kabag Tapem Setdako Medan Rasyid Ridho Nasution SSTP sebagai koman pawai kepada Gubsu, bahwasannya seluruh peserta telah siap mengikuti pawai pembangunan. Usia dilepas Gubsu, iring-iringan pawai diawali dnegan barisan Paskribaka.

Setelah itu diikuti dengan penampilan sejumlah penari dari Dinas Pariwisata Kota Medan menampilkan Tarian Ahoii Nusantara yang merupakan binaan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH. Kemudian diikuti dengan penampilan marching band yang menambah semaraknya pelaksanaan pawai pembangunan.

Wakil Wali Kota mengaku, pelaksanaan pawai pembangunan tahun ini sangat baik dan meriah sehingga mampu menghibur seluruh pengunjung yang hadir. Dikatakan Akhyar, momentum ini menjadi kesempatan baik bagi pemerintah dan masyarakat untuk mempererat hubungan dan membangun tali silaturahmi.

“Alhamdulillah, siang ini kita semua dapat berkumpul bersama menyaksikan pawai pembangunan. Semoga melalui kegiatan ini, semangat kebersamaan terus terbangun dan tertanam dari dalam diri kita, khususnya memberikan yang terbaik bagi Medan Rumah Kita. Dengan kebersamaan, insya Allah, kita dapat menjadikan Kota Medan lebih baik ke depannya,” kata Wakil Wali Kota. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *